Setelah Izin Amdal Rampung, SMGR akan Operasikan Pabrik Semen Rembang

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Januari 2017 - 09:30 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimistis bakal dapat mengoperasikan pabrik semen baru di Rembang, Jawa Tengah, setelah manajemen perseroan menyelesaikan masalah izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang diperkirakan rampung pada awal Februari 2017.
 
“Kalau Amdal selesai, maka kami akan mengoperasikan pabrik di Rembang pada Februari mendatang,” ujar Rizkan Chandra, Direktur Utama SMGR, dalam sebuah acara kerjasama SMGR dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Rabu (18/1/2017) petang.
 
Rizkan menuturkan, manajemen SMGR pada awal Februari mendatang akan menyelesaikan revisi izin lingkungan seperti yang diminta oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. “Revisi amdal kami saat ini sedang berlangsung dan kami perkirakan pada awal bulan depan bakal selesai,” imbuhnya.
 
Perbaikan izin Amdal itu terkait dengan permintaan Ganjar Pranowo agar Semen Indonesia menyempurnakan dokumen adendum Amdal dan revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan yang didasari putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung.
 
Selain itu, Ganjar juga memerintahkan agar Komisi Penilai Amdal Provinsi Jawa Tengah melakukan proses penilaian dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL untuk memenuhi putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2016 tertanggal 5 Oktober 2016.
 
Seperti diketahui, Ganjar Pranowo telah mencabut izin pembangunan dan pengoperasian pabrik SMGR di Rembang yang tertuang dalam SK Gubernur No. 660.1/4-2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30-2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen Semen Indonesia.(iaf)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…