Setelah Izin Amdal Rampung, SMGR akan Operasikan Pabrik Semen Rembang

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Januari 2017 - 09:30 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimistis bakal dapat mengoperasikan pabrik semen baru di Rembang, Jawa Tengah, setelah manajemen perseroan menyelesaikan masalah izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang diperkirakan rampung pada awal Februari 2017.
 
“Kalau Amdal selesai, maka kami akan mengoperasikan pabrik di Rembang pada Februari mendatang,” ujar Rizkan Chandra, Direktur Utama SMGR, dalam sebuah acara kerjasama SMGR dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Rabu (18/1/2017) petang.
 
Rizkan menuturkan, manajemen SMGR pada awal Februari mendatang akan menyelesaikan revisi izin lingkungan seperti yang diminta oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. “Revisi amdal kami saat ini sedang berlangsung dan kami perkirakan pada awal bulan depan bakal selesai,” imbuhnya.
 
Perbaikan izin Amdal itu terkait dengan permintaan Ganjar Pranowo agar Semen Indonesia menyempurnakan dokumen adendum Amdal dan revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan yang didasari putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung.
 
Selain itu, Ganjar juga memerintahkan agar Komisi Penilai Amdal Provinsi Jawa Tengah melakukan proses penilaian dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL untuk memenuhi putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2016 tertanggal 5 Oktober 2016.
 
Seperti diketahui, Ganjar Pranowo telah mencabut izin pembangunan dan pengoperasian pabrik SMGR di Rembang yang tertuang dalam SK Gubernur No. 660.1/4-2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30-2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen Semen Indonesia.(iaf)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…