Setelah Izin Amdal Rampung, SMGR akan Operasikan Pabrik Semen Rembang

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Januari 2017 - 09:30 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimistis bakal dapat mengoperasikan pabrik semen baru di Rembang, Jawa Tengah, setelah manajemen perseroan menyelesaikan masalah izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang diperkirakan rampung pada awal Februari 2017.
 
“Kalau Amdal selesai, maka kami akan mengoperasikan pabrik di Rembang pada Februari mendatang,” ujar Rizkan Chandra, Direktur Utama SMGR, dalam sebuah acara kerjasama SMGR dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Rabu (18/1/2017) petang.
 
Rizkan menuturkan, manajemen SMGR pada awal Februari mendatang akan menyelesaikan revisi izin lingkungan seperti yang diminta oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. “Revisi amdal kami saat ini sedang berlangsung dan kami perkirakan pada awal bulan depan bakal selesai,” imbuhnya.
 
Perbaikan izin Amdal itu terkait dengan permintaan Ganjar Pranowo agar Semen Indonesia menyempurnakan dokumen adendum Amdal dan revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan yang didasari putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung.
 
Selain itu, Ganjar juga memerintahkan agar Komisi Penilai Amdal Provinsi Jawa Tengah melakukan proses penilaian dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL untuk memenuhi putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2016 tertanggal 5 Oktober 2016.
 
Seperti diketahui, Ganjar Pranowo telah mencabut izin pembangunan dan pengoperasian pabrik SMGR di Rembang yang tertuang dalam SK Gubernur No. 660.1/4-2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30-2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen Semen Indonesia.(iaf)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 05:30 WIB

Pertamina Tak Masalah Persaingan Harga Avtur

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan perusahaannya tidak mempermasalahkan jika nantinya ada pesaing di bisnis penjualan bahan pesawat terbang (avtur).

Petani jagung

Senin, 18 Februari 2019 - 05:00 WIB

Tambahan Produksi Jagung 3,3 Juta Ton, Tak Perlu Impor

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para petani jagung yang telah memproduksi tambahan pasokan komoditas pangan itu hingga 3,3 juta ton sehingga Indonesia…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:30 WIB

Dukung Industri Logistik, Pelindo 1 Selesaikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah merampungkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kinerja pelayanan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:00 WIB

Industri 4.0 Belum Bela Hak Petani Jamin Harga Pangan Terjangkau

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih belum bisa membela hak-hak petani dan menjamin harga pangan yang terjangkau.

Menperin airlangga bersama presiden jokowi di acara roadmap industri 4.0

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:26 WIB

Dana Riset Dinilai Belum Khusus untuk Industri 4.0

Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhono Harso Supangkat mengatakan, dana riset dan pengembangan dari pemerintah belum khusus untuk revolusi industri ke-empat.