Umat Hindu Bali Mulai Jalani Barata Penyepian

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:00 WIB

Pura Besakih Kangasem Bali (Foto Dok Industry.co.id)
Pura Besakih Kangasem Bali (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Umat Hindu di Bali mulai menjalani Catur Brata penyepian saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940, mulai Sabtu (17/3/2018)  pukul 06.00 Wita.

Di wilayah Desa Adat Tuban, Badung, Bali, tepat pada pukul 06.00 Wita, jalanan di kawasan tersebut sudah mulai lengang tanpa terlihat adanya aktivitas masyarakat.

Catur Brata penyepian tersebut, yakni Amati Karya (tidak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang) Catur Brata penyepian yang dijalani umat Hindu saat Hari Raya Nyepi tersebut berlangsung selama 24 jam, atau hingga Minggu (18/3) pukul 06.00 Wita.

Pecalang (petugas keamanan adat Bali) di kawasan Desa Adat Tuban juga tampak mulai berpatroli untuk memastikan tidak ada warga yang melakukan aktivitas di luar rumah.

Pecalang juga mendirikan sejumlah pos jaga di perbatasan desa dan di sejumlah persimpangan jalan untuk memastikan pelaksanaan Nyepi agar tetap tenang dan hening.

Kondisi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang masuk kawasan Desa Adat Tuban juga tampak sepi, tanpa aktivitas penerbangan, karena pengelola Bandara Ngurah Rai sudah mulai menghentikan operasionalnya selama 24 jam.

Sejumlah operator seluler juga sudah mulai menonaktifkan layanan internetnya sesuai dengan kebijakan Kemenkominfo dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 378 tahun 2018 yang mengimbau penyelenggara telekomunikasi, penyedia layanan internet di Bali untuk mematikan internet saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…