Ini Dia Solusi Sinyal Wi-Fi untuk Bangunan Berdinding Tebal

Oleh : Dina Astria | Jumat, 16 Maret 2018 - 10:05 WIB

TP Link RE450 (Foto Ist)
TP Link RE450 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rumah yang luas dan berdinding tebal ataupun memiliki banyak sekat ternyata dapat memengaruhi kekuatan sinyal Wi-Fi. Masalah yang sering kali dihadapi banyak orang adalah sulitnya mendapatkan sinyal di area tertentu di dalam rumah yang tidak dapat dijangkau seperti pojok rumah, ruangan yang memiliki dinding tebal, dan ruangan di lantai atas (rumah tingkat).

Lalu apa solusi untuk mengatasi masalah ini? Anda dapat menggunakan range extender yaitu alat yang dipakai untuk menambah dan meningkatkan jangkauan sinyal wifi dari Wifi Access Point kepada Wi-Fi klien. 

Range extender umumnya berbentuk seperti Wi-Fi access point pada umumnya, terdapat lubang ethernet serta dibekali antena. Kali ini kami akan membahas tentang range extender RE450 keluaran TP-Link. RE450 TP-LINK ini hadir dengan teknologi Wi-Fi 802.11AC, kecepatannya tiga kali lebih cepat daripada kecepatan standar 802.11n. RE450 memberikan kecepatan cepat dual band Wi-Fi hingga 1750 Mbps, menyediakan koneksi yang andal untuk tugas berat seperti streaming HD / 4K, game bebas lag, dan unduhan file besar.

Fitur dan Performa RE450

Wi-Fi TP-LINK RE450 memiliki rentang jangkauan cukup luas serta mendukung berbagai protokol jaringan, dan memastikan bahwa hampir semua koneksi Wi-Fi yang ada dapat berinteraksi dengannya. RE450 dibekali antena eksternal dengan koneksi 2,4 GHz dan memiliki kecepatan hingga 450 Mbps, dan 5 GHz mendukung hingga 1.300 Mbps.

Fitur high speed-nya dapat memanfaatkan dual band 2,4 GHz dan 5 GHz dalam waktu yang bersamaan. RE450 dilengkapi dengan tiga antenaflip-out di kedua sisi. Selain itu, modelnya yang tidak terlalu besar dapat dipindahkan dengan mudah sehingga Anda juga bisa meletakan perangkat ini sesuai keinginan.

Setting dan Pemasangan Mudah

TP-Link RE450 sangat mudah diatur dan bekerja dengan baik setelah di-install. Dengan menu yang jelas dan navigasi yang sederhana, ini merupakan langkah maju TP-Link dalam menciptakan perangkat barunya sekarang ini. Koneksi nirkabel antara router dengan range extenderdan perangkat yang kita gunakan nampak sangat stabil dan berfungsi sesuai yang dijelaskan di keterangan produk pada situs TP-Link RE450. Berikut adalah step-step pemasangan RE450 lebih lengkapnya:

  1. Hubungkan RE450 ke stop kontak dan tunggu hingga lampu LED nya menyala.
  2. Hubungkan kabel bawaan extender ke computer dan matikan koneksi internet komputer.
  3. Lalu Pilih jaringan TP-LINK_Extender_2.4/5GHz.
  4. Kemudian masuk ke alamat http://tplinkrepeater.net, masukkan kata “admin” sebagai usename dan password selanjutnya buat username baru.
  5. Pilih wilayah yang sesuai dengan Anda (Indonesia).
  6. Pilih jaringan Internet yang diinginkan, lalu masukkan password jaringan tersebut.
  7. Sesuaikan nama dari jaringan yang sudah dipilih, atau biarkan seperti nama jaringan yang asli (default).
  8. Verifikasi info yang sudah ditetapkan, dan klik finish. Untuk itu Anda telah selesai melakukan pengaturan pada perangkat RE450.

Desainnya Praktis dan Menarik

Perangkat ini didesain dengan warna putih dan abu abu glossy lebih smart dan elegant. Dengan berukuran 6,4 x 3 x 1,2 inci (HWD), perangkat ini bentuk dan ukurannya hampir mirip smartphone. Pada bagian belakang terdapat akses ke stop kontak dua kaki.

Pada sisi body depan RE450 menampilkan tombol Range Extender (RE)/Wi-Fi Protected Setup (WPS) berukuran besar dengan cincin lampu LED di sekitar tepi luarnya. Jika cincin menyala berwarna biru saat bekerja berarti perangkat ini memiliki koneksi yang bagus ke router, danwarna merah jika jangkauannya terlalu jauh, lampu akan mati saat tidak ada koneksi aktif.

Pada sisi kiri terdapat tombol power and reset dan tombol untuk mematikan lampu LED. Di sisi kanan terdapat satu port LAN gigabit, dan ada steker dua cabang di bagian belakang. RE450 adalah perangkat yang tepat untuk mengatasi masalah sinyal Wi-Fi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…