Ini Dia Solusi Sinyal Wi-Fi untuk Bangunan Berdinding Tebal

Oleh : Dina Astria | Jumat, 16 Maret 2018 - 10:05 WIB

TP Link RE450 (Foto Ist)
TP Link RE450 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rumah yang luas dan berdinding tebal ataupun memiliki banyak sekat ternyata dapat memengaruhi kekuatan sinyal Wi-Fi. Masalah yang sering kali dihadapi banyak orang adalah sulitnya mendapatkan sinyal di area tertentu di dalam rumah yang tidak dapat dijangkau seperti pojok rumah, ruangan yang memiliki dinding tebal, dan ruangan di lantai atas (rumah tingkat).

Lalu apa solusi untuk mengatasi masalah ini? Anda dapat menggunakan range extender yaitu alat yang dipakai untuk menambah dan meningkatkan jangkauan sinyal wifi dari Wifi Access Point kepada Wi-Fi klien. 

Range extender umumnya berbentuk seperti Wi-Fi access point pada umumnya, terdapat lubang ethernet serta dibekali antena. Kali ini kami akan membahas tentang range extender RE450 keluaran TP-Link. RE450 TP-LINK ini hadir dengan teknologi Wi-Fi 802.11AC, kecepatannya tiga kali lebih cepat daripada kecepatan standar 802.11n. RE450 memberikan kecepatan cepat dual band Wi-Fi hingga 1750 Mbps, menyediakan koneksi yang andal untuk tugas berat seperti streaming HD / 4K, game bebas lag, dan unduhan file besar.

Fitur dan Performa RE450

Wi-Fi TP-LINK RE450 memiliki rentang jangkauan cukup luas serta mendukung berbagai protokol jaringan, dan memastikan bahwa hampir semua koneksi Wi-Fi yang ada dapat berinteraksi dengannya. RE450 dibekali antena eksternal dengan koneksi 2,4 GHz dan memiliki kecepatan hingga 450 Mbps, dan 5 GHz mendukung hingga 1.300 Mbps.

Fitur high speed-nya dapat memanfaatkan dual band 2,4 GHz dan 5 GHz dalam waktu yang bersamaan. RE450 dilengkapi dengan tiga antenaflip-out di kedua sisi. Selain itu, modelnya yang tidak terlalu besar dapat dipindahkan dengan mudah sehingga Anda juga bisa meletakan perangkat ini sesuai keinginan.

Setting dan Pemasangan Mudah

TP-Link RE450 sangat mudah diatur dan bekerja dengan baik setelah di-install. Dengan menu yang jelas dan navigasi yang sederhana, ini merupakan langkah maju TP-Link dalam menciptakan perangkat barunya sekarang ini. Koneksi nirkabel antara router dengan range extenderdan perangkat yang kita gunakan nampak sangat stabil dan berfungsi sesuai yang dijelaskan di keterangan produk pada situs TP-Link RE450. Berikut adalah step-step pemasangan RE450 lebih lengkapnya:

  1. Hubungkan RE450 ke stop kontak dan tunggu hingga lampu LED nya menyala.
  2. Hubungkan kabel bawaan extender ke computer dan matikan koneksi internet komputer.
  3. Lalu Pilih jaringan TP-LINK_Extender_2.4/5GHz.
  4. Kemudian masuk ke alamat http://tplinkrepeater.net, masukkan kata “admin” sebagai usename dan password selanjutnya buat username baru.
  5. Pilih wilayah yang sesuai dengan Anda (Indonesia).
  6. Pilih jaringan Internet yang diinginkan, lalu masukkan password jaringan tersebut.
  7. Sesuaikan nama dari jaringan yang sudah dipilih, atau biarkan seperti nama jaringan yang asli (default).
  8. Verifikasi info yang sudah ditetapkan, dan klik finish. Untuk itu Anda telah selesai melakukan pengaturan pada perangkat RE450.

Desainnya Praktis dan Menarik

Perangkat ini didesain dengan warna putih dan abu abu glossy lebih smart dan elegant. Dengan berukuran 6,4 x 3 x 1,2 inci (HWD), perangkat ini bentuk dan ukurannya hampir mirip smartphone. Pada bagian belakang terdapat akses ke stop kontak dua kaki.

Pada sisi body depan RE450 menampilkan tombol Range Extender (RE)/Wi-Fi Protected Setup (WPS) berukuran besar dengan cincin lampu LED di sekitar tepi luarnya. Jika cincin menyala berwarna biru saat bekerja berarti perangkat ini memiliki koneksi yang bagus ke router, danwarna merah jika jangkauannya terlalu jauh, lampu akan mati saat tidak ada koneksi aktif.

Pada sisi kiri terdapat tombol power and reset dan tombol untuk mematikan lampu LED. Di sisi kanan terdapat satu port LAN gigabit, dan ada steker dua cabang di bagian belakang. RE450 adalah perangkat yang tepat untuk mengatasi masalah sinyal Wi-Fi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…