Pipa Gas Milik PGN di Cawang Bocor Akibat Galian Proyek LRT

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Maret 2018 - 08:01 WIB

Ilustrasi pembangunan LRT. (Foto: Ist)
Ilustrasi pembangunan LRT. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pipa gas bumi milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN), Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (12/3/2018) malam mengalami kebocoran.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama menjelaskan kebocoran tersebut terjadi karena terkena galian proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

"Sementara yang kami peroleh, gas bocor akibat terkena pekerjaan galian proyek LRT," kata Rachmat Hutama, melalui keterangan resminya.

Akibat kebocoran gas tersebut dipastikan pelanggan gas bumi khususnya di kawasan Bidara Cina dan Kalibata akan terkena imbasnya.

Agar pasokan gas tetap diterima pelanggan, Tim PGN akan melaksanakan skema buka tutup valve.

"Tujuannya untuk menjaga supaya gas tidak keluar dan tidak banyak lokasi terdampak penghentian sementara ini," ungkap Rachmat.

Rahmat mengatakan, kejadian ini bukanlah yang pertama kali, kebocoran pipa gas PGN akibat terkena proyek LRT terjadi karena antara pelaksana subkontraktor proyek LRT tidak berkoordinasi dengan kontraktor proyek.

Namun secara kualitas pipa gas bumi milik PGN di lokasi tersebut sudah melalui tes pit dan PCM.

"Saat ini yang terpenting, tim di lapangan sudah mengamankan kebocoran, dengan tindakan awal kami adalah menutup valve di depan BNN, Cawang, dan Rusun Bidara Cina," ujar Rachmat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…

Penyerang Timnas Rusia Artem Dzyuba (kanan) merayakan golnya ke gawang Mesir (Paul ELLIS / AFP)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:06 WIB

Taklukan Mesir, Rusia Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Tuan rumah Rusia memperkuat posisi dalam Piala Dunia 2018 yang berhasil lolos pada babak 16 besar, setelah semalam mengalahkan skuad timnas Mesir 3-1. Jika pada pertandingan sebelumnya Rusia…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:00 WIB

Korban KM Sinar Bangun Ditemukan 19 Orang

Jumlah korban yang ditemukan pada tragedi tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun yang terjadi di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (19/6/2018), sebanyak 19 orang.