Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah
Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

INDUSTRY.co.id - Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Wakil Ketua Umum Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, Ustadz Wahid Alwi, MA dalam materinya menyampaikan pentingnya Aqidah dalam membangun keluarga. Ia menyebutkan ada beberapa tipe keluarga yang termaktub dalam Al-Qur'an yaitu : Pertama, keluarga nabi Adam, Ibrahim dan Muhammad saw. Kedua, nabi Nuh dan Luth. Ketiga, Keluarga Firaun. Serta Keempat, Keluarga Abu Lahab. Keberhasilan dan kebinasaan keluarga-keluarga tersebut tidak lepas dari pembinaan aqidah. 
 
Ia menambahkan, "Keuntungan beraqidah Islamiyah adalah keuntungan yang diperoleh baik di dunia maupun akhirat kelak", jelasnya. Keuntungan di dunia seperti ketenangan, kemudahan dalam hidup, kesehatan jiwa dan raga, keberkahan dalam hidup, rezeki yang lancar dan plusnya didoakan oleh para malaikat. Sementara keuntungan akhirat, menurutnya seperti kemudahan menghadapi sakaratul maut, kedamaian di alam barzakh, syafaat di padang mahsyar, dan kemudahan menyeberangi shirath. Inilah keuntungan yang tiada bandingannya. 
 
Oleh karena itu, menurutnya ketika seseorang memasang "Niat" membina keluarga sakinah, maka aqidah harus senantiasa menyertai, mengawal dan menjaga niat tersebut setiap waktu. 
 
Sementara itu, KH. A. Cholil Ridwan menyampaikan pentingnya suami dan istri berada pada jalur qodratnya. Suami berkewajiban memberi nafkah dan sang istri mengurus keperluan rumah tangga, jangan sampai tertukar. Diantara penyebab konflik dalam rumah tangga salah satunya adalah salah dan memposisikan diri. Oleh karena itu Allah Ta’ala  berfirman, "Kaum laki-laki itu pemimpin bagi kaum wanita..." (Q. S. An Nisa : 34)
 
Ia menambahkan qodrat seorang Suami adalah memimpin, membimbing, mendidik, mengajar, melindungi, dan memberi nafkah. Setiap istri harus mengingatkan suaminya akan qodrat tersebut. 
 
Selain itu  Kyai Cholil juga berpesan rumah tangga yang sakinah bukanlah keluarga yang steril dari konflik, tetapi bagaimana masing-masing anggota mengetahui sebab, akibat dan penyelesaian konflik tersebut serta usaha-usaha mencegah terjadinya konflik kembali. 
 

Bertempat di Aula Masjid Al-Furqan Dewan Da'wah, Pengurus Pusat Muslimat Dewan Da'wah menggelar Daurah Keluarga Sakinah bagi ibu-ibu Muslimat, pada Rabu-Kamis, 14-15 Februari 2018. 

Acara  diikuti ratusan peserta perwakilan dari berbagai majlis taklim, di antaranya pengurus Muslimat Dewan Dakwah, Pengurus Muslimat Center Cipayung, jamaah pengajian Reboan Dewan Dakwah, dan ibu-ibu majlis taklim Se-Jabodetabek.
 
Ustadzah Tri Yuniati selaku ketua panitia mengatakan, acara yang berlangsung selama dua hari ini terbagi menjadi empat sesi. Sesi pertama Aqidah sebagai landasan Membina Keluarga Sakinah disampaikan oleh Ust. Abdul Wahid Alwi, Lc (Wakil Ketua Umum Dewan Da'wah Islamiyah); sesi kedua, Akhlak dan Adab dalam Keluarga oleh Ust. Suwito Suprayogi, Lc (Anggota Pusat Kajian dan Majlis Fatwa Dewan Dakwah);  sesi ketiga Manajemen Konflik Keluarga dalam Keluarga oleh KH. A. Cholil Ridwan, Lc (Mantan Ketua Bidang Kesenian dan Budaya MUI Pusat); dan sesi terakhir Tanya Jawab seputar Pernikahan oleh  H. Anis Fuad, S. Ag. ( Perwakilan KUA Kec. Senen). 
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…