Terima Penghargaan Dari LM FEB UI, Menteri Jonan Beri Tiga Contoh Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Januari 2018 - 13:00 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan
Menteri ESDM Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerima Lifetime Achievement Award dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI). Penghargaan bergengsi tersebut diberikan pada Peringatan Ulang Tahun ke-55 LM FEB UI, di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla tersebut, diberikan atas dedikasi dan sumbangsih Jonan terhadap manajemen di Indonesia, khususnya manajemen perubahan atau change management.

"Pak Jonan ini seorang yang pantas mendapatkan penghargaan ini. Beliau mulai dari profesional di bidang keuangan, kemudian menjadi Direktur Utama PT KAI (Kereta Api Indonesia) dan bisa mendirikan PT KAI menjadi perusahaan yang maju dan dikagumi banyak orang. Kemudian menjadi Menteri Perhubungan dan sekarang Menteri ESDM," tutur Kalla.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas karya terhadap bangsa tersebut sangat penting bagi Menteri Jonan dan para penerima para penghargaan lainnya yaitu Komisaris PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng dan Guru Besar UI Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Usai menerima penghargaan tersebut, Jonan mengatakan bahwa menjadi pemimpin itu yang penting adalah memberi contoh.

 "Intinya kalau saya, kalau kita memimpin kalau tidak punya apa-apa, pengetahuan tidak punya, kemampuan teknis tidak punya, semua tidak punya, satu yang tidak boleh tidak punya, leadership itu by example, jadi kasih contoh, itu saja," ujarnya.

"Karena sebenarnya memimpin itu ilmunya 3 kalo saya. Satu nyuruh, dua marah, tiga memuji. Kalau belajar manajemen dan sebagainya itu, untuk jadi administrator. Kalo mau jadi pemimpin, jadi komandan, ilmunya cuma tiga. Selesai," tutur Jonan.

Jonan juga memberikan selamat kepada LM FEB UI. "Selamat Ulang Tahun kepada LM FEB UI yang ke-55. Harus selalu bermanfaat bagi bangsa dan terus ciptakan karya karya terbaik bagi negeri," ujarnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko ditemani Ketua Umum Asaki Elisa Sinaga saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik keramik Roman dan Arwana, Serang, Banten

Selasa, 16 Oktober 2018 - 21:48 WIB

Bertemu Pengurus Asaki, Moeldoko Janji Bangkitkan Kembali Kekuatan Industri Keramik Nasional

Industri keramik nasional memiliki potensi yang sangat besar di pasar global. Tidak hanya itu saja, produk-produk keramik dalam negeri juga diakui oleh dunia internasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Pacu Implementasi Industri Keempat, RI Jadi Garda Terdepan Transformasi Industri 4.0 di Asia

Implementasi industri 4.0 di kawasan Asia dinilai dapat membangkitkan kontribusi sektor manufaktur dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Benua Kuning tersebut.

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Yuk Nikmati Indahnya Surga Bawah Laut Pulau Morotai

Pulau yang secara administratif berada dalam kawasan Maluku Utara ini tak hanya punya pantai dan pasir yang lembut, tapi juga punya pemandangan bawah laut yang unik.

Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:05 WIB

Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua, Yudha Fajrin si Pedagang Satay Kini Sukses di Dunia Bisnis Indonesia

Mulai berbisnis sejak usia 15 tahun, Yudha Fajrin, pria kelahiran Palembang 5 Maret 1988 yang merupakan pemilik dari Satay Kato dan beberapa produk dengan brand Kato mengaku tak pernah kapok…

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung 24-28 Oktober di ICE BSD Tangerang.

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:19 WIB

18 KUKM Potensial Ekspor Berkesempatan Ikuti TEI 2018

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung…