Kini, Keliling Denpasar Bisa Naik Dokar Hias Loh, Catat Ya Waktunya

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Januari 2018 - 17:30 WIB

Denpasar Festival (Denfest) (Foto:BALIGOLIVE.COM)
Denpasar Festival (Denfest) (Foto:BALIGOLIVE.COM)

INDUSTRY.co.id, Denpasr - Manjakan masyarakat serta wisatawan, Dokar Hias yang merupakan salah satu alat transportasi guna mendukung program "Denpasar Heritage City Tour".

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Maria Antonia Dezire Mulyani mengatakan program tersebut akan terus dilanjutkan dalam upaya memberi pelayanan kepada wisatawan yang berlibur di Bali, khususnya di Denpasar.

"Program dokar hias secara gratis akan dilakukuan setiap hari Sabtu dan Minggu. Ini sebagai program inovasi pengembangan pariwisata di Kota Denpasar," ujarnya, Senin (16/1/2018).

Ia mengatakan pihaknya merasa senang bisa merealisasikan program tersebut. "Kami berharap warga masyarakat dan wisatawan bisa memanfaatkan program tersebut."

Kawasan objek wisata pusaka (heritage city tour) menawarkan sejumlah objek wisata terkenal, antara lain objek pura (Pura Mojopahit dan Jagatnatha), puri (Pemecutan dan Jero Kuta) dan pasar (Kumbasari dan Satria).

Selain itu, kata Dezire Mulyani, tidak saja mengelilingi kawasan wisata pusaka (heritage city tour) dengan dokar hias, para wisatawan juga disuguhkan berbagai keterampilan seperti menari, menabuh hingga "mejejahitan" atau membuat kerajinan tangan untuk sesaji.

Dezire Mulyani menjelaskan program dokar hias tersebut bertujuan untuk memanjakan dan memberi kenyamanan dalam berwisata di Denpasar.

"Program dokar hias diluncurkan pada 13 Okober 2017 di Kantor "Tourism Information Centre" Denpasar, maka wisatawan lokal pun memanfaatkan momentum tersebut," ujarnya.

Dinas Pariwisata Kota Denpasar mengeluarkan kebijakan untuk memberikan layanan transportasi dokar secara gratis sepanjang tahun 2018 pada hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-15.00 Wita.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan pemanfaatan dokar hias merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Saya rasa ini tepat dilakukan, kita masih punya angkutan tradisional dokar yang harus dilestarikan, kusir dokar yang awalnya sudah tidak ada lapangan pekerjaan, kini bersemangat kembali menekuni pekerjaan ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…