Liburan Trafik 4G XL Melonjak 300 Persen

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Januari 2018 - 14:02 WIB

XL Axiata Hadirkan Layanan 4G LTE di Nanggroe Aceh Darussalam (Foto Ist)
XL Axiata Hadirkan Layanan 4G LTE di Nanggroe Aceh Darussalam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada liburan pergantian tahun 2017/2018 (28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018) meningkat hingga 160 persen dari data periode liburan yang sama tahun 2016.

Trafik komunikasi data 4G LTE XL juga melonjak hingga 300 persen dibanding hari biasa sebelum musim libur, kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya dalam siaran pers di Jakarta, kemarin.

Menurut Yessie, kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube pada masa libur Natal berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat.

Sementara itu, kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata sejalan dengan perluasan jangkauan secara masif jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa.

Selain akses ke layanan data dan video streaming dan media sosial menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kata dia, kenaikan trafik tersebut tidak terlepas dengan makin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah.

Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat.

Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan YouTube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.

Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15 persen. Pada di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60 persen. Akses ke aplikasi WhatsApp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70 persen, bahkan pada malam Tahun Baru 2018nnaik sampai dengan 1.000 persen dari data pada malam biasanya.

Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, berbagi video live streaming, bahkan juga melakukan belanja.

Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di YouTube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand, antara lain iflix.

Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29 persen dan 21 persen. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa, seperti Medan naik sekitar 5 persen, Makassar, 4 persen, Palembang 21 persen, Pontianak 22 persen, dan Lampung 22 persen.

Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24 persen, Yogyakarta 27 persen, Bandung 13 persen.

XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga akan bisa menampung kenaikan trafik hingga dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…