Siemens Perluas Peranya Dalam Digitalisasi Industri

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 11:59 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY co.id -Jakarta - Siemens telah mendirikan 20 pusat untuk aplikasi pelanggan digital di sektor industri. Masing-masing Pusat Aplikasi MindSphere untuk produk digital Siemens yang mencakup beberapa lokasi di berbagai negara dan mengkhususkan diri pada industri tertentu di mana Siemens aktif. 

Saat ini, sekitar 900 pengembang perangkat lunak, spesialis data dan insinyur sudah bekerja sama dengan pelanggan Siemens di pusat-pusat ini dalam mengembangkan inovasi digital untuk analisis data dan pembelajaran mesin. 

Solusi baru ini dikembangkan di MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens untuk Internet of Things (IoT). Guna mendekati pelanggannya, Siemens telah menempatkan 20 pusat aplikasi di 50 lokasi dan tersebar di 17 negara di seluruh dunia. 

“Kami terus memperluas kepemimpinan kami dalam digitalisasi industri. Dengan pengalaman global kami dalam elektrifikasi dan otomasi, dan keahlian perangkat lunak, kami menghasilkan keuntungan yang optimal bagi pelanggan sebuah manfaat yang tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain pada tingkat kinerja yang tinggi.” kata Joe Kaeser, President dan CEO Siemens AG.

Selama tahun fiskal 2017, Siemens memperluas keunggulannya dalam solusi perangkat lunak dan layanan digital. Pendapatan dari teknologi digital, misalnya meningkat menjadi €5,2 miliar dengan €4 miliar dari perangkat lunak dan €1,2 miliar dari layanan digital. Kenaikan 20% ini berarti Siemens telah melampaui pertumbuhan pasar sekitar delapan persen.

&ldquo Kami sekarang mempercepat digitalisasi lebih jauh lagi, Kami menggunakan pengetahuan industri kami untuk memperluas bisnis, dengan Pusat Aplikasi MindSphere, kami memberikan dukungan optimal kepada pelanggan kami di seluruh dunia saat mereka memasuki era digital." ujar Chief Technology Officer Siemens AG, Roland Busch. 

Siemens meluncurkan sistem operasi MindSphere IoT di seluruh perusahaan sekitar setahun yang lalu. Sekitar satu juta perangkat dan sistem sekarang telah terhubung bersama melalui MindSphere, jumlahkan diperkirakan akan mencapai 1,25 juta pada akhir tahun fiskal 2018.

Mulai januari 2018, MindSphere juga akan tersedia di Amazon Web Services. Kemitraan ini membawa Siemens menjadi pemimpin pasar dunia dalam industri otomasi, dan No. 1 secara internasional di solusi cloud. Sebagai hasilnya, para pengguna menikmati lingkungan pengembangan yang lebih bertenaga, fungsi analisis tambahan, memperluas konektivitas. 

Aplikasi industri dan layanan digital dapat dikembangkan dan dijalankan di MindSphere. Sebagai contoh, sejumlah besar data dari sistem dapat diambil dan dievaluasi secara tepat dan efisien, dievaluasi dan kemudian digunakan 
untuk memperbaiki kinerja dan ketersediaan sistem.

Teknologi ini juga membantu pelanggan mengevaluasi dan menggunakan data mereka untuk mendapatkan wawasan baru. Misalnya, downtime dapat diprediksi, dicegah, dan pelanggan bisa menarik kesimpulan mengenai produk dan proses pembuatannya. 

Pengguna juga dapat mengembangkan model bisnis yang sama sekali baru, seperti menjual jam operasi mesin dan dengan demikian menawarkan solusi yang kurang padat modal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Pacu Implementasi Industri Keempat, RI Jadi Garda Terdepan Transformasi Industri 4.0 di Asia

Implementasi industri 4.0 di kawasan Asia dinilai dapat membangkitkan kontribusi sektor manufaktur dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Benua Kuning tersebut.

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Yuk Nikmati Indahnya Surga Bawah Laut Pulau Morotai

Pulau yang secara administratif berada dalam kawasan Maluku Utara ini tak hanya punya pantai dan pasir yang lembut, tapi juga punya pemandangan bawah laut yang unik.

Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:05 WIB

Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua, Yudha Fajrin si Pedagang Satay Kini Sukses di Dunia Bisnis Indonesia

Mulai berbisnis sejak usia 15 tahun, Yudha Fajrin, pria kelahiran Palembang 5 Maret 1988 yang merupakan pemilik dari Satay Kato dan beberapa produk dengan brand Kato mengaku tak pernah kapok…

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung 24-28 Oktober di ICE BSD Tangerang.

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:19 WIB

18 KUKM Potensial Ekspor Berkesempatan Ikuti TEI 2018

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung…

Peluncuran Sandimas Home Center

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:08 WIB

Ekspansi Bisnis, Sandimas Pastikan untuk IPO

Kendati pasar properti belum sepenuhnya bergairah kembali, hal ini tidak menyurutkan Sandimas sebagai perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan untuk memperlebar ekspansi bisnisnya.…