Harga Cengkih di Ternate Dipatok Rp100 Ribu per Kg

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Desember 2017 - 22:45 WIB

Ilustrasi Cengkih (ist)
Ilustrasi Cengkih (ist)

INDUSTRY co.id -Ternate - Pelaku usaha hasil bumi memtok harga cengkih di Ternate naik menjadi Rp100 ribu perkg dibandingkan dengan pekan lalu yakni Rp95 ribu perkg.

Beberapa pelaku usaha hasil bumi di Ternate menyatakan, kenaikan harga cengkih ini karena adanya kenaikan harga di daerah antar pulau, khususnya di Surabaya, Jawa Timur.

Namun kenaikan harga cengkih tersebut dinilai tidak mendorong para petani untuk menjual cengkihnya, karena saat ini para petani belum memiliki stok. Hal tersebut dikarenakan panen cengkih diperkirakan baru akan berlangsung pada pertengahan 2018.

"Sekarang ini walaupun harga cengkih dinaikkan sampai Rp200 ribu per kg, dapat dipastikan tidak ada petani yang datang menjual cengkih, mengingat saat ini belum ada panen cengkih," kata Ramin, salah seorang petani cengkih di Ternate, Sabtu (23/12/2017).

Sementara, untuk biji pala kualitas bagus di Ternate, harganya bertahan Rp60 ribu per kg, biji pala kualitas standar dan biji pala hancur masing-masing bertahan Rp55 ribu per kg dan Rp22 ribu per kg.

Begitu pula harga fuli pala tetap Rp120 ribu per kg, setelah beberapa pekan lalu sempat naik Rp125 ribu per kg, karena saat itu harga pembelian fuli pala di daerah antar pulau mengalami kenaikan.

Harga kopra kualitas bagus turun dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp9.500 per kg, sedangkan kopra kualitas standar bertahan Rp8.500 per kg.

Harga kakao bertahan Rp20 ribu per kg, namun tinggi intensitas curah hujan di Malut dalam beberapa pekan terakhir mengakibatkan petani yang menjual kakaonya ke pengusaha pengumpul hasil bumi agak sepi karena petani kesulitan untuk menjemur kakaonya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.