Amanat Penderitaan Rakyat Palestina

Oleh : Jaya Suprana | Selasa, 19 Desember 2017 - 18:09 WIB

Anak Palestina
Anak Palestina

INDUSTRY.co.id - DI alam demokrasi adalah wajar bahwa ada yang membenarkan penindasan bangsa Israel terhadap bangsa Palestina.

Bagi mereka yang masih secara fundamentalis membenarkan penindasan bangsa Israel terhadap bangsa Palestina, sebaiknya meluangkan waktu untuk membaca buku terbaru karya Norman Gary Finkelstein yang berjudul GAZA : An Inquest Into Its Martyrdom.

*Holocaust*

Norman Gary Finkelstein adalah ilmuwan politik, aktivis, dosen, penulis dan warga negara Amerika Serikat keturunan Yahudi.

Bidang penelitian utama Finkelstein adalah konflik IsraelPalestina serta sejarah Holocaust akibat termotivasi oleh pengalaman orang tuanya yang merupakan korban selamat prahara Holocaust yang dilakukan Nazi Hitler terhadap kaum Yahudi.

Finkelstein merupakan lulusan Universitas Binghamton dan mendapatkan gelar Ph.D di bidang ilmu politik dari Universitas Princeton. Ia memegang jabatan pengajar di Brooklyn College, Universitas Rutgers, Hunter College, Universitas New York, dan Universitas DePaul.

*The Gaza Strip*

Di dalam buku terbarunya Norman Gary Finkelstein secara komprehensif membahas situasi kondisi kawasan yang disebut sebagai The Gaza Strip sebagai salah satu kawasan terpadat penduduk di planet bumi masa kini.

Lebih dari dua per tiga populasi Gaza adalah kaum pengungsi dan lebih dari separuhnya berusia di bawah delapan belas tahun.

Sejak 2004 secara sistematis, terstruktur dan masif, Israel melancarkan operasi terhadap warga Gaza yang tidak berdaya melakukan perlawanan terhadap militer Israel nan gagah perkasa dengan alutsista terbaik di abad XXI.

Ribuan warga Gaza telah binasa dan puluhan ribu kehilangan rumah akibat Israel tega melakukan blokade ilegal tanpa ampun terhadap Gaza.

Bencana yang menimpa Gaza bukan merupakan bencana alam namun bencana buatan manusia terhadap manusia. Berdasar data-data laporan pelanggaran hak asasi manusia, Finkelstein secara seksama melakukan penelitian terhadap nasib rakyat Palestina di kawasan Gaza.

Finkelstein menegaskan bahwa pembenaran Israel atas penindasan terhadap Gaza dengan alasan membela diri dari agresi kaum Palestina terhadap Israel pada hakikatnya merupakan pelanggaran konstitusional nyata terhadap hukum internasional.

Di sisi lain, Finkelstein menyayangkan bahwa upaya perlindungan hukum internasional yang dilakukan mulai dari Amesty International sampai ke Human Rights Watch to the UN Human Rights Council sama sekali tidak berhasil melindungi HAM di Gaza.

Kesimpulan Finkelstein yang paling memprihatinkan lebih baik tidak saya terjemahkan agar tidak keliru namun saya copas sebagai berikut after Judge Richard Goldstone's humiliating retraction of his UN report, human rights organizations succumbed to the Israeli juggernaut.

*AMPERA Palestina*

Menarik adalah fakta bahwa Norman Gary Finkelstein adalah warga negara Amerika Serikat keturunan Yahudi maka seharusnya seiring sejalan dengan Donald Trump dalam membenarkan Israel menindas Palestina.

Namun ternyata Finkelstein masih memiliki nurani kemanusiaan untuk tidak membabibutatuli mengingkari kebenaran maka tidak membenarkan angkara murka Israel terhadap Palestina.

Buku Norman Gary Finkelstein : GAZA, An Inquest Into Its Martyrdom merupakan sebuah monumen keprihatinan atas amanat penderitaan rakyat Palestina sekaligus sebagai perlawanan terhadap berbagai pihak yang berusaha mengingkari kenyataan penderitaan yang sedang diderita warga Palestina di Gaza.

Penulis adalah Jaya Suprana, pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…