Menyambut Periode Keemasan Industri Perbankan Syariah

Oleh : Redaksi | Sabtu, 16 Desember 2017 - 09:45 WIB

Majalah INDUSTRY edisi Desember 2017
Majalah INDUSTRY edisi Desember 2017

INDUSTRY.co.id -Menumpuk Asa Perbankan Syariah - Sejak era industri keuangan syariah diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 1991 lewat berdirinya Bank Muamalat Indonesia, banyak kalangan berharap bahwa kebutuhan masyarakat muslim dalam kegiatan perekonomian bakal terpenuhi.

Sisi lainnya, industri jasa keuangan syariah juga akan bertumbuh pesat. Maklum saja, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar. Tak berlebihan jika muncul proyeksi bahwa industri jasa keuangan syariah akan merajai industri keuangan di dalam negeri.

Tapi apa daya, proyeksi tersebut sebatas harapan semata. Sejak diperkenalkan tahun 1991, penguasaan pangsa pasar industri keuanga syariah berjalan lelet. Untuk bisa mencapai porsi angka 5% berbanding aset industri keuangan konvensional saja, membutuhkan waktu lebih dari dua dekade.

Komposisi aset 5% pada perbankan syariah pun baru bisa dicapai pada 2017, terbantu oleh konversi BPD Aceh yang menjadi Bank Aceh Syariah.

Akan tetapi bolehlah lebih banyak menumpuk asa kali ini. Sejumlah faktor penunjang pertumbuhan tampaknya semakin komprehensif tersedia.

Dari instrumen untuk under lying investasi, institusi penyedia dana dan penjamin syariah, hingga lembaga-lembaga financial technology pun bakal menjadi batu loncatan yang bisa mengerek besaran pangsa syariah dalam negeri.

Satu hal lagi yang dinilai bisa memupuk optimisme adalah dibentuknya badan Komite Nasional Keuangan Syariah oleh Presiden Joko Widodo.

Lewat lembaga ini akan diracik dan 'dimasak' segala bentuk ide yang bisa mengembangkan penerapan ekonomi syariah. Berikutnya tentu masyarakat muslim yang menginginkan penerapan sistem ekonomi syariah dalam kehidupannya, akan terpenuhi.

Lantas seberapa besar faktor-faktor yang bisa mendorong membesarnya pasar dan layanan jasa industri keuangan syariah, khususnya perbankan syariah, BACA selengkapnya dalam edisi khusus Majalah INDUSTRY edisi desember 2017 "Menyambut Periode Keemasan Industri Perbankan Syariah".

Dapatkan pula berbagai isu sektor Industri lainnya. Untuk Pembelian, Langganan dan informasi, dapat menghubungi kami ; Office : Menara Batavia Lt.2 Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta, Indonesia Telp : (021) 579 02855, Fax : (021) 572 7338 Email: [email protected] Website : http://www.industry.co.id/

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan