Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Presiden mengatakan pembangunan kedua waduk ini untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Ya... ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang adalah Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden kepada media usai meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor.

Presiden Jokowi mengungkapkan progres pembangunan kedua waduk sudah dimulai dan pembebasan lahan sudah mencapai 2 persen.

"Kita harapkan nanti 2019 pertengahan sudah selesai," kata Presiden.

Jokowi berharap dengan dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sekitar 30 persen yang berarti mengurangi banjir di Jakarta itu juga sebesar 30 persen.

"Oleh sebab itu hulu dan hilir semuanya harus dikerjakan. Hulunya sudah, untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden.

Terkait pembiayaan pembangunan kedua waduk yang mencapai Rp1,1 triliun, kata Jokowi, keseluruhannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dulu memang sempat ini kita anggarkan di provinsi (DKI Jakarta), tapi sekarang semuanya dikerjakan oleh APBN. Di sini (Sukamahi) Rp400 miliar, di Ciawi Rp700 miliar," ungkapnya.

Presiden mengatakan terus mengikuti progres pembangunan kedua waduk tersebut. "Ya progresnya, perkembangannya bagus. Saya ikuti terus kok," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:56 WIB

BI: Bunga Acuan Ditahan Tidak Picu Outflow

Bank Indonesia meyakini modal asing yang masuk ke domestik tidak akan lari ke negara maju (outflow) secara signifikan, meskipun bunga acuan Bank Sentral ditahan pada 4,25 persen, sementara negara…

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.