Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Presiden mengatakan pembangunan kedua waduk ini untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Ya... ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang adalah Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden kepada media usai meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor.

Presiden Jokowi mengungkapkan progres pembangunan kedua waduk sudah dimulai dan pembebasan lahan sudah mencapai 2 persen.

"Kita harapkan nanti 2019 pertengahan sudah selesai," kata Presiden.

Jokowi berharap dengan dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sekitar 30 persen yang berarti mengurangi banjir di Jakarta itu juga sebesar 30 persen.

"Oleh sebab itu hulu dan hilir semuanya harus dikerjakan. Hulunya sudah, untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden.

Terkait pembiayaan pembangunan kedua waduk yang mencapai Rp1,1 triliun, kata Jokowi, keseluruhannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dulu memang sempat ini kita anggarkan di provinsi (DKI Jakarta), tapi sekarang semuanya dikerjakan oleh APBN. Di sini (Sukamahi) Rp400 miliar, di Ciawi Rp700 miliar," ungkapnya.

Presiden mengatakan terus mengikuti progres pembangunan kedua waduk tersebut. "Ya progresnya, perkembangannya bagus. Saya ikuti terus kok," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Movenpick Resort Meluncurkan Konsep Baru Sunday Brunch yang Menarik

Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:00 WIB

Movenpick Resort Meluncurkan Konsep Baru Sunday Brunch yang Menarik

Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali memberikan konsep menarik di Sunday brunch dengan memiliki fitur live musik dengan stan makanan dan memasak yang lebih interaktif, menciptakan acara kuliner…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Singapore Airlines-Air New Zealand Sambut Persetujuan Regulasi untuk Aliansi

Singapore Airlines dan Air New Zealand menyambut keputusan Kementerian Perhubungan Selandia Baru hari ini untuk memperpanjang perizinan dari aliansi usaha patungan kedua maskapai.

Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di Kampus IPB (foto ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:20 WIB

Bank BTN Dorong Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha properti yang mumpuni. Salah satunya dengan aktif melakukan edukasi kepada mahasiswa dan…

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.