Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Presiden mengatakan pembangunan kedua waduk ini untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Ya... ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang adalah Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden kepada media usai meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor.

Presiden Jokowi mengungkapkan progres pembangunan kedua waduk sudah dimulai dan pembebasan lahan sudah mencapai 2 persen.

"Kita harapkan nanti 2019 pertengahan sudah selesai," kata Presiden.

Jokowi berharap dengan dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sekitar 30 persen yang berarti mengurangi banjir di Jakarta itu juga sebesar 30 persen.

"Oleh sebab itu hulu dan hilir semuanya harus dikerjakan. Hulunya sudah, untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Presiden.

Terkait pembiayaan pembangunan kedua waduk yang mencapai Rp1,1 triliun, kata Jokowi, keseluruhannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dulu memang sempat ini kita anggarkan di provinsi (DKI Jakarta), tapi sekarang semuanya dikerjakan oleh APBN. Di sini (Sukamahi) Rp400 miliar, di Ciawi Rp700 miliar," ungkapnya.

Presiden mengatakan terus mengikuti progres pembangunan kedua waduk tersebut. "Ya progresnya, perkembangannya bagus. Saya ikuti terus kok," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

Jumat, 20 Juli 2018 - 12:00 WIB

Ajang ISTA 2018Kemenpar Optimis Raih Peringkat 30 di Tahun 2019

Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum (WEF), Indonesia berada di peringkat 42 pada tahun 2017, kini diproyeksikan naik peringkat ke-30 dunia pada 2019…

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:45 WIB

Ini Janji BI Dampingi UMKM ke Pasar Global

Bank Indonesia menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong akses UMKM ke pasar global.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:33 WIB

DPR: Kelompok Cyber Narcoterrorism Gunakan Sosmed Pasarkan Narkoba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan waswas terhadap kemunculan kelompok "cyber narcoterrorism" yang memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk memasarkan narkoba.

Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:28 WIB

Kebijakan Trump Bisa Untungkan Obligasi Dalam Negeri

Kembalinya sentimen negatif dapat memberikan imbas negatif juga pada pergerakan pasar obligasi dalam negeri dimana pelaku pasar diperkirakan akan kembali melakukan aksi jualnya.

Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:25 WIB

Rupiah Berpeluang Melemah Meski Suku Bunga BI Bertahap

Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.475-14.462. Adanya rilis Bank Indonesia yang mempertahankan level suku bunganya meski positif untuk kondisi makroekonomi.