Saat Ekonomi Sulit Sebanyak-Banyaknya Berbelanja

Oleh : Anab Afifi, CEO Bostonprice Asia | Jumat, 01 Desember 2017 - 11:55 WIB

Anab Afifi sebagai inisiator dan pendiri IARF dan CEO Bostonprice Asia (Foto Ist)
Anab Afifi sebagai inisiator dan pendiri IARF dan CEO Bostonprice Asia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Ketika ekonomi melambat dan daya beli menurun seperti saat ini (ada ekonom bilang sekarang sedang di ambang krisis), banyaklah berhemat. Jangan hambur-hamburkan uang untuk belanja yang bukan kebutuhan utama dan mendesak.

Itu nasihat bijak. Bahkan, dalam situasi normal pun, nasihat itu selalu didengungkan oleh orang tua kita agar dipegang teguh: hemat pangkal kaya!

Namun, saat situasi melambat seperti saat ini, bukan berarti gerak langkah juga ikut melambat atau malah berhenti. Seperti mobil tiap hari dielus-elus, diselimuti, disimpan digarasi karena ingin hemat beli bensin, sampai karatan. Padahal, dengan mobil itu bisa digunakan untuk meningkatkan produktifitas dan penghasilan.

Cobalah berpikir terbalik. Kita akan membalik nasihat di atas dengan kalimat baru:

"Ketika ekonomi melambat dan daya beli menurun seperti saat ini, banyak-banyaklah berbelanja. Saatnya memecah celengan yang telah dikumpulkan selama ini".

Dasar anak durhaka. Tidak mau mendengarkan nasihat orang tua, malah melawan.

Ampuuun..., Bapak dan Ibu. Bukan maksud saya begitu.

Berbelanjalah sebanyak uang Anda miliki pada seuatu yang bisa menjadi daya ungkit finansial. Bukan belanja konsumtif!

Saat ini banyaklah orang yang BU alias kepepet. Mereka ramai-ramai menjual aset mereka. Celakanya, sulit juga mencari pembeli. Akhirnya, harga diobral.

Banyak aset yang dijual berseliweran di Medsos. Diantara sekian jenis aset itu, pilihlah tanah. Beli, simpan sampai dua atau tiga tahun, lalu jual. Ya.. harus dijual kelak. Lakukan itu berulang-ulang.

"Tapi uang saya tidak cukup karena umumnya tanah yang dijual itu luas".

Itu teratasi dengan cara beli tanah gotong royong. Tanah seribu meter, kalian bagi bersepuluh menjadi masing-masing 100 meter persegi.

"Beli seratus meter pun uang gak cukup".

Tak masalah.

Ajak tiga teman Anda patungan. Misal harga tanah kavling 100 meter persegi itu Rp 100 juta, masing-masing hanya keluar Rp 25 juta. Buatlah kesepakatan ber empat bahwa ketika membeli tanah itu adalah untuk dijual kembali dalam dua atau tiga tahun ke depan. Saat itu, harganya sudah melonjak.

Uang Anda sebesar Rp 25 juta itu, bila tetap dipegang akan berkurang atau malah habis dalam dua tahun ke depan.

Sebaliknya, saat berubah menjadi aset, dalam dua tahun ke depan nilainya sudah naik sekian persen. Rata-rata kenaikan harga properti 17% - 20% per tahun.

Silahkan hitung sendiri jadi berapa nilai uang Anda itu kelak.

"Lantas di mana saya dapatkan aset tanah macam itu?"

Kawan-kawan saya, di komunitas properti punya banyak daftarnya. Bahkan, ada kavling yang nilai investasinya mulai hanya Rp 23 juta saja!

Sampai di sini, kita boleh membalik nasihat lama 'hemat pangkal kaya' menjadi 'banyak belanja pangkal kaya'.

Kelak, saat nasihat baru ini benar-benar dipraktikkan dan segalanya memungkinkan, jangankan tanah seratus meter per segi, perusahaan atau bisnis apa pun bisa Anda beli.

Anab Afifi, CEO Bostonprice Asia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…