HIMKI Secara Tegas Menolak Ekspor Bahan Baku Rotan dan Kayu

Oleh : Ridwan | Selasa, 28 November 2017 - 14:50 WIB

Ketum HIMKI Soenoto dan Menperin Airlangga Hartarto (Foto Humas)
Ketum HIMKI Soenoto dan Menperin Airlangga Hartarto (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Adanya wacana akan segera dibukanya ekspor kayu gelondongan (Logl dan bahan baku rotan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) menimbulkan keresahan bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang barang jadi.

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Soenoto mengatakan, sampai saat ini masih ada pihak-pihak yang menginginkan dibukanya ekspor log dan bahan baku rotan.

"Mereka menganggap lebih praktis dan menguntungkan dengan mengekspor bahan baku ketimbang ekspor barang jadi berupa mebel dan kerajinan," ujar Soenoto di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Ia menambahkan, saat ini para pelaku usaha sudah semakin susah untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas. "Dengan demikian, apabila kran ekspor bahan baku dibuka akan terjadi penurunan daya saing industri dalam negeri," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, mayoritas anggota HIMKI merupakan usaha kecil dan menengah, padat karya akan terkena dampak langsung akibat kekurangan bahan baku dan rotan.

"Bahkan, industri ini bisa tutup dan mengakibatkan pemutusan hubungan kerja yang pada gilirannya menimbulkan kerawanan sosial," kata Soenoto.

Menurutnya, wacana ekspor kayu gelondongan (log) merupakan langkah mundur mengingat pemerintah telah mengalahkan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan dampak berganda.

Selain itu, lanjutnya, kebijakan pembukaan kran ekspor log dan bahan baku rotan juga akan menguntungkan negara-negara importir yang telah lama menunggu kebijakan itu untuk memenuhi pasokan bahan baki industri mereka.

Oleh karena itu, HIMKI meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk tidak spekulasi membuat regulasi terkait dibukanya kran ekspor log dan bahan baku rotan.

"Bagaimana mereka bisa buat regulasi kalau datanya saja tidak lengkap," ucapnya.

Disisi lain, HIMKI juga meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Siti Nurbaya) untuk dapat menjalankan perannya secara proporsional antara lingkungan hidup dan industri hilir rotan.

Oleh karena itu, HIMKI mengajak Kementerian terkait untuk membangun ekosistem tata kelola bahan baku rotan yang seimbang agar industri dalam negeri dapat bersaing di pasar global.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…