Roca Group Gelontorkan Investasi Industri Sanitari 60 Juta Euro di Indonesia

Oleh : Arya Mandala | Minggu, 26 November 2017 - 09:15 WIB

Kam Kettin owner of PT. Suryaprabha Jatisatya, Kelvin Tjiandra Managing Director Roca Indonesia, Haris Chandra owner of PT. Aditya Sarana Graha, Eduardo Talon Architect of Roca Factory Project in Indonesia dan Emilio Ferer Operations Director Roca In
Kam Kettin owner of PT. Suryaprabha Jatisatya, Kelvin Tjiandra Managing Director Roca Indonesia, Haris Chandra owner of PT. Aditya Sarana Graha, Eduardo Talon Architect of Roca Factory Project in Indonesia dan Emilio Ferer Operations Director Roca In

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Brand Roca merupakan sebuah perusahaan sanitari yang memfokuskan diri pada perlengkapan dan solusi untuk kamar mandi. 

Tepat tahun 2017 ini, Roca telah menginjak usia satu abad di industri sanitari global, dan telah hadir di 170 market di seluruh dunia.

Roca juga sudah mulai melebarkan sayapnya ke benua Asia, dimulai dari Hong Kong pada tahun 1973 sampai dengan tahun ini di Indonesia. Roca melihat pasar Indonesia sebagai pasar penting yang dapat memberikan kesempatan baru untuk terus tumbuh.  

Terkait itu, Roca segera memulai rencana implementasi industri dan komersial di negeri ini lewat dua distributor industri bahan bangunan Indonesia, yaitu PT Aditya Sarana Graha dan PT Suryaprabha Jatisatya.

Rencana tersebut mencakup pembukaan kantor di Jakarta, dan aktivitas komersial yang meliputi tiga alur distribusi utama, yaitu: sektor tradisional, modern, dan proyek. Upaya ini dilakukan untuk mencapai target 2.700 titik penjualan, serta pembukaan showroom ke depannya.

“Oleh masyarakat global, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki peran penting serta berpotensi kuat di masa mendatang. Roca, sebagai perusahan global dengan 170 pasar di pelbagai belahan dunia, melihat potensi ini dan merasa telah tiba saatnya bagi kami untuk hadir di market Indonesia. Berbekal prinsip-prinsip yang telah memandu Roca selama 100 tahun ini, semangat kewirausahaan, loyalitas, etika, dan visi jangka panjang, serta kerja sama yang kokoh dengan distributor, retailer dan profesional, maka pertumbuhan yang solid dan konsolidasi pasar akan tercapai dalam waktu dekat,” ungkap Emilio Ferrer, Operations Director Roca Indonesia.

Saat ini, Roca sedang membangun sebuah pabrik produksi Vitreous China di Griya Idola Industrial Park, Cikupa, Tangerang, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Jakarta. Pabrik ini nantinya akan memproduksi sekitar 650.000 unit vitreous per tahun dan menyerap banyak tenaga kerja.

Dengan adanya pabrik tersebut, Roca yakin akan membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan kehidupan penduduk di wilayah sekitar pabrik.  

Pembangunan pabrik pada lahan seluas 74.000 m2 ini direncanakan akan selesai pada bulan Juli 2018 dan mulai beroperasi pada paruh kedua di tahun 2018 mendatang. Tidak hanya memproduksi Vitreous China, nantinya pabrik ini juga akan memproduksi produk-produk lainnya.

"Kami berharap kehadiran Roca di Indonesia dapat membawa era baru dalam bisnis perlengkapan kamar mandi yang modern dan ramah lingkungan. Pengalaman Roca berkecimpung dalam bisnis ini selama 100 tahun telah membuktikan bahwa kami adalah pionir dalam sektor ini. Dengan pertumbuhan pasar dan ekonomi Indonesia yang sangat pesat, ditambah dengan kerjasama internal-eksternal yang solid, kami yakin bahwa Roca akan berkembang dan menjadi salah satu brand sanitari terpercaya di Indonesia,”  ujar Kelvin Tjiandra, Managing Director Roca Indonesia.

Program implementasi di Indonesia mencakup investasi lebih dari 60 juta euro yang terdiri dari rencana pengembangan merek Roca di Tanah Air. Melalui program ini, Roca Group berharap dapat melebarkan sayap ke pasar Indonesia untuk mengikuti kesuksesan Roca Group di beberapa negara di Asia Pasifik seperti, China, India dan Malaysia.

Kedepannya Roca berharap dapat membangun kekuatan yang cukup di Indonesia untuk dapat memasuki pasar yang stabil seperti Thailand dan Australia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…