Presiden Jokowi Jalani Prosesi Adat Batak Mandailing

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 November 2017 - 16:06 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi melakukan prosesi adat Manortor sesi ke-3 pada Sabtu (25/11/2017)

Presiden Jokowi tiba di lokasi dengan mengenakan jas biru gelap dan sarung merah didampingi Iriana Jokowi yang tampil mengenakan kebaya merah, kerudung merah, dan songket oranye.

Manortor merupakan prosesi tarian sebagai bentuk kegembiraan dan penghormatan kepada Tuhan, leluhur, raja-raja, serta keluarga Kahiyang dan Bobby hingga tujuh tingkatan di atas mereka.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution dan resmi menyandang marga Siregar.

Jokowi dan Iriana disambut oleh perwakilan keluarga dan diberikan penjelasan singkat mengenai prosesi adat yang akan dilakukan. Keduanya kemudian diberikan lima tanda mata, yaitu yang sirih, gambir, soda, pinang, dan tembakau.

Di belakang Jokowi dan Iriana, tampak kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming beserta istrinya, Selvi Ananda beserta anak mereka, Jan Ethes Srinanrendra. Mereka melalukan prosesi hingga menuju pintu paradaton.

Di pintu paradaton, Jokowi dan Iriana diberikan ulos oleh tiga raja adat, Mandailing, Nasution, dan Lubis.

Pemberian ulos itu juga sebagai tanda keluarga Jokowi sudah menjadi bagian dari keluarga Siregar karena Kahiyang resmi menjadi istri Bobby Nasution.

Saat diberikan ulos, Presiden Jokowi dan Iriana disematkan kain ulos dan dijelaskan makna dari kain tersebut.

Pihak keluarga Nasution kemudian memberikan sambutan singkat dengan bahasa Batak dan diakhiri dengan seruan 'horas' tiga kali.

Presiden lalu masuk ke tempat pernikahan dan duduk diapit oleh perwakilan keluarga Siregar.

Sebelumnya, sudah dilakukan serangkaian adat Mandailing seperti manotor I dan II, serta penyembelihan kerbau.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.