Presiden Jokowi Jalani Prosesi Adat Batak Mandailing

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 November 2017 - 16:06 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi melakukan prosesi adat Manortor sesi ke-3 pada Sabtu (25/11/2017)

Presiden Jokowi tiba di lokasi dengan mengenakan jas biru gelap dan sarung merah didampingi Iriana Jokowi yang tampil mengenakan kebaya merah, kerudung merah, dan songket oranye.

Manortor merupakan prosesi tarian sebagai bentuk kegembiraan dan penghormatan kepada Tuhan, leluhur, raja-raja, serta keluarga Kahiyang dan Bobby hingga tujuh tingkatan di atas mereka.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution dan resmi menyandang marga Siregar.

Jokowi dan Iriana disambut oleh perwakilan keluarga dan diberikan penjelasan singkat mengenai prosesi adat yang akan dilakukan. Keduanya kemudian diberikan lima tanda mata, yaitu yang sirih, gambir, soda, pinang, dan tembakau.

Di belakang Jokowi dan Iriana, tampak kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming beserta istrinya, Selvi Ananda beserta anak mereka, Jan Ethes Srinanrendra. Mereka melalukan prosesi hingga menuju pintu paradaton.

Di pintu paradaton, Jokowi dan Iriana diberikan ulos oleh tiga raja adat, Mandailing, Nasution, dan Lubis.

Pemberian ulos itu juga sebagai tanda keluarga Jokowi sudah menjadi bagian dari keluarga Siregar karena Kahiyang resmi menjadi istri Bobby Nasution.

Saat diberikan ulos, Presiden Jokowi dan Iriana disematkan kain ulos dan dijelaskan makna dari kain tersebut.

Pihak keluarga Nasution kemudian memberikan sambutan singkat dengan bahasa Batak dan diakhiri dengan seruan 'horas' tiga kali.

Presiden lalu masuk ke tempat pernikahan dan duduk diapit oleh perwakilan keluarga Siregar.

Sebelumnya, sudah dilakukan serangkaian adat Mandailing seperti manotor I dan II, serta penyembelihan kerbau.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.