Etape Tiga TdS, Indonesia Berpeluang Naik Podium

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 08:36 WIB

Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)
Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sawahlunto- Kejuaraan Tour de Singkarak (TdS) 2017 menyelesaikan etape dua yang finis di Sawahlunto, Sumatera Barat, Minggu, dan etape berikutnya dari Muaro Sijunjung-Dharmasraya, Senin (20/11/2017), menjadi peluang pebalap Indonesia naik podium.

Kondisi tersebut terjadi karena lintasan yang bakal dilalui berbeda dengan etape pertama yang terdapat tiga tanjakan yang cukup tinggi.


Etape ketiga ini akan didominasi lintasan datar meski setelah start terdapat tanjakan di km 38 tepatnya di Tanjung Gadang namun tidak begitu tinggi.


Jika dilihat dari pebalap yang masuk sepuluh besar klasemen secara umum, ada tiga pebalap yang berpeluang untuk naik podium di etape tiga. Sebut saja Jamal Hibatulloh dari KFC Cycling Team. Bahkan, pebalap berusia 20 tahun ini sudah membuktikan diri raih posisi tiga di etape satu yang karakteristik rutenya hampir sama dengan etape tiga.


Selain itu ada Aiman Cahyadi yang prestasinya terus menanjak setelah bergabung dengan Sapura Pro Cycling Team Malaysia. Bahkan, hingga etape dua, pebalap asal Bandung ini berada diposisi dua klasemen sprint dibawah Daniel Whitehouse dari CCN Cycling Team.


Namun, Aiman tidak mau gegabah di etape tiga nanti meski rutenya relatif mudah dibandingkan etape dua. Suami dari pebalap putri nasional, Yathi Fuchiyanti itu mengaku balapan di TdS ini semuanya berat dan tetap ada tanjakan di setiap etapenya.


"Kata siapa besok mudah. TdS itu semuanya ada tanjakan. Pasti cukup berat. Tapi, saya dan tim akan terus berusaha meraih hasil yang terbaik,"kata Aiman Cahyadi saat dimintai komentar untuk etape ketiga.


Selain Jamal dan Aiman, ada satu pebalap Indonesia yang sering mendapatkan hoki di Dharmasraya yaitu Jamalidin Novardianto. Pebalap asal Malang yang saat ini memperkuat PGC Cycling Team ini sering membuat kejutan meski di dua etape sebelumnya belum meraih hasil maksimal.


"Sijunjung-Dharmasraya rutenya panjang. Biasanya juga cukup panas. Tapi saya akan terus mencoba," kata pebalap yang akrab dipanggil Ferdi itu.


Disepanjang rute Muaro Sijunjung menuju Dharmasraya sejauh 161,3 km selain terdapat satu titik KOM di Tanjung Gadang juga terdapat tiga titik sprint di Kiliran Jao atau km 54,8, Sungai Gambut atau km 73,5 dan di Koto Baru atau km 149.


Sementara itu untuk pebalap asing yang berpeluang untuk menyodok ke podium cukup banyak. Ghader Mizbani yang saat ini memegang yellow jersey tetap berpeluang termasuk Daniel Whitehouse dari CCN hingga pebalap Thailand, Peerapol Chawchiangkwang.


Pada lintasan yang cenderung datar ini, semua pebalap berpeluang naik podium dan biasanya saat masuk finis dalam rombongan besar. Bisa dipastikan balapan etape ketiga kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata ini bakal berlangsung ketat. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Senin, 17 Desember 2018 - 09:05 WIB

Badan Otorita Borobudur Kembangkan Pariwisata Joglosemar

Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pengembangan kawasan Borobudur terus dilakukan Kementerian Pariwisata. Pengembangan juga dilakukan di daerah penunjang, Jogja-Solo-Semarang…

Mochtar Riady pendiri Lippo Group (Foto Industry.co.id)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:00 WIB

Rahasia Sukses Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady

Pengusaha yang juga pendiri Lippo Group, Mochtar Riady kembali menjelaskan strategi Sun Tzu atau seni perang yang menjadi latar belakang keberhasilan mengembangkan bisnisnya sampai saat ini.…

Direktur Independen PT Metro Realty Tbk, Sukardi, (kanan) bersama Direktur, Arif Tamin, (kiri) (Foto Abe)

Senin, 17 Desember 2018 - 08:16 WIB

Hingga Akhir 2018, Pendapatan Metro Realty Diharapkan Mencapai Rp27 Miliar

Pendapatan PT Metro Realty Tbk (MTSM), salah satu emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di sektor properti, khususnya gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan, ditargetkan mencapai…

Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)

Senin, 17 Desember 2018 - 08:00 WIB

Peluang Masih Terbuka Bagi Pengusaha Korea Beriinvestasi

Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengundang kalangan pengusaha Korea Selatan lebih aktif berinvestasi di Indonesia, karena tersedia banyak peluang.

Pembangunan jalan tol (Ist)

Senin, 17 Desember 2018 - 07:31 WIB

Tol Palembang-Lampung Juni 2019 Bisa Dilalui

Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung diperkirakan akan terhubung pada Juni 2019 sehingga dapat memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan antarprovinsi tersebut.