Etape Tiga TdS, Indonesia Berpeluang Naik Podium

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 08:36 WIB

Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)
Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sawahlunto- Kejuaraan Tour de Singkarak (TdS) 2017 menyelesaikan etape dua yang finis di Sawahlunto, Sumatera Barat, Minggu, dan etape berikutnya dari Muaro Sijunjung-Dharmasraya, Senin (20/11/2017), menjadi peluang pebalap Indonesia naik podium.

Kondisi tersebut terjadi karena lintasan yang bakal dilalui berbeda dengan etape pertama yang terdapat tiga tanjakan yang cukup tinggi.


Etape ketiga ini akan didominasi lintasan datar meski setelah start terdapat tanjakan di km 38 tepatnya di Tanjung Gadang namun tidak begitu tinggi.


Jika dilihat dari pebalap yang masuk sepuluh besar klasemen secara umum, ada tiga pebalap yang berpeluang untuk naik podium di etape tiga. Sebut saja Jamal Hibatulloh dari KFC Cycling Team. Bahkan, pebalap berusia 20 tahun ini sudah membuktikan diri raih posisi tiga di etape satu yang karakteristik rutenya hampir sama dengan etape tiga.


Selain itu ada Aiman Cahyadi yang prestasinya terus menanjak setelah bergabung dengan Sapura Pro Cycling Team Malaysia. Bahkan, hingga etape dua, pebalap asal Bandung ini berada diposisi dua klasemen sprint dibawah Daniel Whitehouse dari CCN Cycling Team.


Namun, Aiman tidak mau gegabah di etape tiga nanti meski rutenya relatif mudah dibandingkan etape dua. Suami dari pebalap putri nasional, Yathi Fuchiyanti itu mengaku balapan di TdS ini semuanya berat dan tetap ada tanjakan di setiap etapenya.


"Kata siapa besok mudah. TdS itu semuanya ada tanjakan. Pasti cukup berat. Tapi, saya dan tim akan terus berusaha meraih hasil yang terbaik,"kata Aiman Cahyadi saat dimintai komentar untuk etape ketiga.


Selain Jamal dan Aiman, ada satu pebalap Indonesia yang sering mendapatkan hoki di Dharmasraya yaitu Jamalidin Novardianto. Pebalap asal Malang yang saat ini memperkuat PGC Cycling Team ini sering membuat kejutan meski di dua etape sebelumnya belum meraih hasil maksimal.


"Sijunjung-Dharmasraya rutenya panjang. Biasanya juga cukup panas. Tapi saya akan terus mencoba," kata pebalap yang akrab dipanggil Ferdi itu.


Disepanjang rute Muaro Sijunjung menuju Dharmasraya sejauh 161,3 km selain terdapat satu titik KOM di Tanjung Gadang juga terdapat tiga titik sprint di Kiliran Jao atau km 54,8, Sungai Gambut atau km 73,5 dan di Koto Baru atau km 149.


Sementara itu untuk pebalap asing yang berpeluang untuk menyodok ke podium cukup banyak. Ghader Mizbani yang saat ini memegang yellow jersey tetap berpeluang termasuk Daniel Whitehouse dari CCN hingga pebalap Thailand, Peerapol Chawchiangkwang.


Pada lintasan yang cenderung datar ini, semua pebalap berpeluang naik podium dan biasanya saat masuk finis dalam rombongan besar. Bisa dipastikan balapan etape ketiga kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata ini bakal berlangsung ketat. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Juni 2018 - 19:00 WIB

Pariwisata Kalteng Miliki Potensi Luar Biasa Tapi Kurang Promosi

Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Syamsul Hadi, menilai objek wisata di provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa, namun promosinya sangat minim sehingga kurang optimal dalam menarik…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…