BAZNAS - LZ Selangor Pacu Kebangkitan Zakat Dunia

Oleh : Nina | Sabtu, 04 November 2017 - 08:18 WIB

Baznas
Baznas

INDUSTRY co.id -Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangun sinergi dengan Lembaga Zakat Selangot (LZS) Malaysia. Kedua organisasi pengelola zakat (OPZ) ini bertekad untuk bersama-sama memacu kebangkitan zakat dunia yang dimulai dari Asia Tenggara.

Hal itu mengemuka saat BAZNAS menerima kunjungan pengurus LZS yang dipimpin Kepala Divisi Komunikasi Korporasi dan Hubungan Lembaga Datin Setia Hajah Norajun Ainun binti Dato’ Mohd Hasyim beserta rombongan, di Kantor BAZNAS, Jakarta, Kamis (3//11/2017). 

Hadir menyambut, Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta, Direktur Koordinasi Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional Mohd. Nasir Tajang, Direktur Operasi Wahyu TT Kuncahyo dan sejumlah kepala divisi, kepala bagian BAZNAS. 

“Mari kita bersama-sama memacu kebangkitan zakat dunia untuk menunjukkan kontribusi Islam terhadap upaya mewujudkan Tujuan-Tujuan Pembangunan Global atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ujar Arifin.

Deputi BAZNAS pun mempresentasikan program-program yang akan, sedang dan telah berjalan, terutama di bidang penghimpunan (fundraising). Seperti zakat digital, kerja sama dengan e-commerce semisal Bukalapak.com, Tokopedia, Ebaba, Blibli.com, Mataharimall.com, Kurban Berdayakan Desa, Kurban Digital, konter zakat di mal dan perkantoran, Kopi Sepeda, aksi damai kampanye zakat dan kurban di area Car Free Day, dan sebagainya.

Arifin menjelaskan, BAZNAS memiliki tiga pilar komunikasi. Yakni, Humas yang mengurusi hubungan kelembagaan dan branding institusi, Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) yang melayani permintaan informasi, data dan dokumentasi dari masyarakat. 

“Juga ada Marketing Communication (Marcomm) atau Komunikasi Pemasaran yang bertugas mendesain dan menciptakan strategi pemasaran produk dan program BAZNAS,” katanya.   

Dalam kesempatan tersebut Norajun menyampaikan apresiasinya terhadap program-program BAZNAS. Ia juga menyatakan siap bersinergi dengan BAZNAS untuk turut memacu gerakan zakat dunia. “Banyak pelajaran yang kami dapatkan dari BAZNAS. Rasanya tidak cukup waktu beberapa hari berkunjung ke lembaga ini. Ke depan kami akan lebih intens menjalin komunikasi untuk bertukar pengalaman mengelola lembaga zakat,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Arifin memaparkan, BAZNAS telah menginisiasi perumusan Fiqih Zakat on SDG bersama Filantropi Indonesia. Perumusan fikih zakat melibatkan ulama, pegiat zakat, filantropi dan akademisi.

Diharapkan Fiqih Zakat on SDGs akan mendapat respons yang baik saat disampaikan pada high level meeting PBB. Sebagaimana diketahui, kini Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF) 2017-2020. “Dalam hal ini BAZNAS menjadi motor dari gerakan zakat dunia,” katanya.

Menurut Arifin, BAZNAS membuat fikih zakat sebagai sebuah contoh konsep untuk mempermudah pencapaian SDGs. BAZNAS berharap ketika fikih zakat dibawa ke New York, WZF sudah memperkenalkannya sebagai sebuah konsep dan gerakan untuk pencapaian SDGs.

Dia mengatakan, SDGs adalah kesepakatan dunia untuk perbaikan global. Maka, umat Islam akan menonton, menerima sumbangan atau ikut membantu memperbaiki dunia? Menurut dia, setiap Muslim harus menjadi bagian dari pihak yang membantu memperbaiki situasi glolbal. Sebab, tanpa SDGs pun umat Islam sudah diminta berpartisipasi membantu dunia. "Fiqih Zakat on SDGs adalah sebuah konsep dari umat Islam untuk bisa dipakai menjadi bagian dari penguatan pelaksanaan SDGs," ujarnya.

Arifin menjelaskan, selama ini umat Islam dipetakan sebagai negara yang perlu dibantu. Sementara, negara-negara maju, dalam hal ini Barat, dipetakan sebagai negara yang membantu. “Cara pandang seperti ini harus diubah,” ucapnya.

Dia mengakui, memang betul negara-negara Islam memerlukan bantuan dan penguatan untuk mencapai SDGs. Tetapi di negara-negara Islam pula terkandung kekuatan dan sumber daya yang bisa menyelesaikan masalah-masalah sehingga bisa tercapai SDGs. "Artinya, Islam tidak hanya dipandang sebagai masalah, tetapi juga menawarkan solusi pencapaian SDGs yang lebih baik," ujarnya.

Dikatakan Arifin, kalau fikih zakat disampaikan kepada publik, maka Zakat on SDGs yang dikemas dalam bentuk fikih diharapkan dapat menggerakkan negara-negara Islam sehingga bisa turut serta dalam pencapaian SDGs. “Karena itu, peran umat Islam dalam pembangunan dunia ada pada posisi sebagai solusi,” katanya.

Sebagai informasi, fikih zakat berupa buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Arab. Fikih zakat juga akan dikemas dalam bentuk CD. “BAZNAS akan mencoba menyampaikannya kepada publik dengan bahasa-bahasa sederhana seperti melalui film kartun dan grafik yang mudah dipahami masyarakat,” ujarnya. *

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan