Tour de Prambanan Tingkatkan Industri Pariwisata Yogyakarta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 15:18 WIB

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)
Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sleman- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar lomba balap sepeda "Tour de Prambanan" pada Minggu 29 Oktober 2017.

"Even ini menempuh jarak sekitar 100 kilometer, dan para peserta nantinya diajak untuk mengeksplore potensi wisata yang ada di desa-desa di Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, di Sleman, kemarin

Menurut dia, untuk star dimulai dari kawasan objek wisata Candi Prambanan, menuju ke wisata lereng Gunung Merapi. Kemudian ke arah barat di Kecamatan Minggir lalu kembali lagi ke Prambanan.

"Melewati 12 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada. Semua daerah bisa dieksplore, targetnya bisa mengenalkan wisata Sleman," katanya.

Ia mengatakan, untuk kategori balap sepeda yang diperlombakan sejauh 10 kilometer dimulai dari Balai Desa Kepuharjo menuju ke Gua Jepang Merapi.

"Treknya dengan ketinggian sekitar 950 mdpl. Untuk memilih `King and Queen Mountain` dalam event ini," katanya seperti dilansir Antara.

Sudarningsih mengatakan, even ini ditargetkan bisa diikuti 500 peserta kategori umum, atlet, TNI/Polri.

"Total hadiah yang akan diperbutkan lebih dari Rp30 juta," katanya.

Koordinator lapangan "Tour de Prambanan" Feri Dwi Harnanto mengatakan peserta yang mendaftar saat ini sudah mencapai 340 orang.

"Mereka yang ikut balap sepeda dengan jarak 10 kilometer itu, hanya yang siap saja. Jadi tidak semua yang mendaftar, ikut dalam balapan," katanya.

Menurut dia, dalam "Tour de Prambanan" ini seluruh peserta juga akan disuguhi beberapa hiburan. Seperti pertunjukan musik dan budaya di titik-titik pitstop yang telah ditentukan.

"Event ini untuk menyandingkan olahraga, budaya, dan wisata," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.