AJB Bumiputera Resmi Dibeli Erick Thohir Seharga Rp2 Triliun

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Desember 2016 - 10:26 WIB

Erick Thohir (Pier Marco Tacca - Inter / Getty Images)
Erick Thohir (Pier Marco Tacca - Inter / Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Konglomerat Erick Thohir dengan konsorsiumnya akan menyuntikkan modal tambahan Rp2 triliun ke PT. Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB), cucu usaha PT. Bumiputera 1912, sebuah perusahaan yang dibentuk untuk menyelamatkan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) dari masalah keuangan.

 

"Sudah ditandatangani komitmennya Rp2 triliun, dan modalnya akan masuk pada Maret 2017," kata Koordinator Statuter AJB Bumiputera Didi Achdiat di Jakarta.

AJBB merupakan perusahaan asuransi tertua di Indonesia yang tengah dililit masalah keuangan, karena tunggakan pembayaran klaim yang jauh lebih besar dibanding aset yang dimiliki.

Untuk tahun ini saja, defisit AJBB, mencapai Rp1,5 triliun. Sedangkan, pembayaran klaim yang harus dibayar AJBB hingga 10 tahun ke depan sekitar Rp10 triliun. Jumlah tersebut belum termasuk total liabilitas atau kewajiban AJBB, yang menurut pengelola statuter, jauh di atas aset dan modal AJBB.

Modal dasar AJBB saat ini, sekitar Rp11,6 triliun, terdiri dari aset finansial Rp5,1 triliun, uang tunai Rp1 triliun dan aset tetap Rp5,5 triliun, tutur Didi.

Atas dasar masalah keuangan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Oktober 2016 lalu mengnonaktifkan direksi dan komisaris AJBB, untuk selanjutnya membentuk pengelola statuter.

Dengan penambahan modal Rp2 triliun AJB nantinya akan menjadi perusahaan yang menerima premi baru dari AJBB. Sedangkan AJBB hanya akan menerima premi lanjutan dan membayar klaim asuransi.

AJB juga akan bertindak sebagai administrator klaim dan premi dari AJBB dengan model profit sharing yang berjangka waktu 12 tahun.

Penambahan modal ini untuk memperkuat AJBB, Bisnis AJB dan akan membantu AJBB untuk membayar klaim polis yang telah jatuh tempo pada 2017.

Dengan penambahan modal Rp2 triliun ini, saham yang dimiliki Erick mencapai 100 persen di AJB.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…