Operasional Pabrik Semen Rembang Telah Memenuhi Seluruh Syarat dan Perizinan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Oktober 2017 - 06:16 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyatakan, operasional pabrik Rembang telah memenuhi seluruh perizinan yang disyaratkan.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan, Putusan peninjauan kembali kedua Mahkamah Agung yang menyatakan N.o (niet ontuankelijke verklaard) atau gugatan tidak diterima, tidak mempengaruhi operasional pabrik.

"Keputusan tersebut tidak terkait dan tidak berdampak hukum terhadap operasional pabrik semen Rembang," kata Agung kepada pers di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Pabrik semen Rembang dapat beroperasi secara sah berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen dengan kode emiten SMGR di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah, pada 23 Februari 2017.

Izin lingkungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pemenuhan pertimbangan hakim dalam putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2O16 melalui mekanisme addendum amdal dan telah dinyatakan layak pada sidang komisi penilai amdal pada 2 Februari 2017.

Kemudian, izin lingkungan pabrik semen Rembang No.660.1/6 Tahun 2017 tersebut kembali digugat Walhi pada 23 Mei 2017. Namun, melalui penetapan PTUN 16 Juni 2017 dan putusan perlawanan tanggal 16 Agustus 2017, gugatan tersebut ditolak PTUN Semarang dan dimenangkan oleh gubernur Jawa Tengah.

"Dengan demikian keputusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), sehingga izin lingkungan Nomor 660.1/6 2017 tetap berlaku dan sah sebagai dasar beroperasinya pabrik semen Rembang," ujar Agung.

Semen Indonesia, pada tahun ini, banyak menghabiskan belanja modal untuk pembangunan pabrik, termasuk di Rembang. Perseroan juga membangun pabrik Indarung VI di Sumatra Barat. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…

Migas Ilustrasi

Senin, 18 Desember 2017 - 09:33 WIB

Kontrak Selesai, Pengelola Blok Tuban Tunggu Rancangan Undang-undang Migas

Berakhirnya masa kontrak operator Blok Tuban pada Februari 2018 mendatang diharapkan sudah menggunakan undang-undang baru sebagai operator pengganti. Saat ini Komisi VII DPR RI sedang melakukan…