Menteri Jonan: Kita Akan Pasang Panel Surya di 2.519 Desa

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 September 2017 - 12:56 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan (ist)
Menteri ESDM Ignasius Jonan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah terus berusaha meningkatkan aliran listrik ke desa-desa, sesuai dengan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Ada sekitar 2.519 desa yang belum teraliri listrik. Namun, satu per satu desa tersebut mulai dipasang menggunakan independent home solar system (panel surya)," ujar Menteri Jonan saat membuka acara peresmian dan seminar pertambangan dan energi Expo 2017, di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Lebih lanjut, dia menambahkan, kira-kira 2.519 desa masih tidak ada listrik. "Sekarang sudah mulai dipasang satu-satu menggunakan independent home solar system," tambahnya.

Jonan menuturkan, pemasangan independent home solar system atau panel surya tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), sehingga masyarakat tidak perlu membayar setiap pemakaiannya. "Home solar system Ini bisa dipakai untuk empat lampu, dan bisa untuk colokan HP," sebutnya.

Jonan menambahkan, dari total desa yang belum teraliri itu, terdapat 10.000 desa lainnya yang listriknya kurang. Oleh karena itu, Kementerian ESDM menugaskan PLN untuk melengkapi jaringan rendah tersebut. Dia menargetkan, elektrifikasi listrik bisa mencapai 99 persen di tahun 2019.

"Misalnya di Pulau Rupat yang berbatasan dengan Malaysia, dari 5 dusun yang tidak ada listriknya 3,5 dusun. Nanti akan dilengkapi," jelas Jonan.

Proyek JTB merupakan bukti bahwa investor tetap berminat menanamkan investasinya di bisnis hulu migas. Dengan cadangan gas yang cukup besar, pembangunan, pengelolaan, dan pemanfaatan lapangan gas JTB akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat terutama di Kabupaten Bojonegoro dan Provinsi Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…