SES Mulai Era Baru Konektivitas Global Dengan Meluncurkan O3b mPOWER, Jaringan Berbasis Satelit

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 September 2017 - 10:00 WIB

SES Network
SES Network

INDUSTRY.co.id - Luxembourg - Operator satelit, SES Network meluncurkan O3b mPOWER, sebuah jaringan berbasis satelit yang revolusioner yang dapat memberikan jaringan dengan performa tinggi secara efisien ke semua penggunanya diseluruh dunia.

Sistem O3b mPOWER dapat meluas secara cepat dengan skala yang massif, hal ini didukung dengan teknologi darat dan ruang angkasa yang inovatif, sehingga SES Networks memiliki kemampuan untuk memberi fully-managed services di pasar dynamic mobility, fixed data dan pemerintahan.

President dan CEO of SES, Karim Michael Sabbagh mengatakan, dengan peluncuran O3b mPOWER, SES, era baru dari konektivitas telah dimulai, yang juga secara fundamental telah mentransformasi peran dan kemampuan satelit.

"Kami memanfaatkan posisi kami sebagai yang terdepan dengan mengandalkan dan membangun keunggulan dari konstelasi O3b Medium Earth Orbit milik kami yang sudah ada. Kami mengambil sebuah komitmen strategis jangka panjang yang akan meningkatkan kapabilitas kami lebih jauh, melewati berbagai batasan dan mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan satelit." ujarnya Senin (11/9/2017).
 
Menurutnya, O3b mPOWER akan menjadi alat yang memberi konsumen kekuatan untuk melakukan scale up bisnis, serta menangkap pertumbuhan baru. "Bagi kami, hal ini akan memberi kami kemampuan untuk menawarkan layanan terdiferensiasi dan meningkatkan pertumbuhan profitabilitas searah dengan kerangka finansial SES.” ungkapnya.

O3b mPOWER berkemampuan mengolah throughput dalam jumlah terabit yang besar secara global, dimana peluncurannya dijadwalkan pada tahun 2021.

SES telah mengontrak technology partner  pertama dari mPOWER, yaitu Boeing Satellite Systems. Boeing akan membuat tujuh satelit medium earth orbit (MEO) berkekuatan. Gugusan dari beberapa satelit ini memiliki 30,000 beam yang bisa dikendalikan secara penuh ukuran dan bentuknya.

Pengendalian beam dapat dilakukan secara real time agar kemampuan satelit bisa disesuaikan dengan peluang pertumbuhan konsumen yang cepat berganti. Kemampuan ini membuatnya menjadi system dengan bandwith yang paling efisien. O3b mPOWER mempunyai cakupan area yang belum tertandingi, yaitu 400 juta meter persegi, 4/5 luas permukaan bumi.

SES telah sukses mengoperasikan satu-satunya sistem broadband non-geostationary melalui 12 satelit MEO yang menghasilkan konektivitas high-throughput dan low latency, dan akan meluncurkan lagi 8 MEO pada 2018 dan 2019. O3b mPOWER sendiri menggunakan dasar yang sama, namun menigkatkan throughput, coverage dan fleksibilitasnya secara signifikan.

O3b mPOWER juga akan menciptakan ekosistem unik yang terdiri dari banyak layanan bernilai tambah bersama banyak technology partner dari seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…

Ahmad Himawan Ketua YKMI

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:30 WIB

YKMI Nyatakan Dukungan Terhadap Aksi Palestine Solidarity Camp

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terhadap Palestina dengan…

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:02 WIB

BNI Sediakan Solusi Pembiayaan untuk Pelaku Usaha melalui Supply Chain Financing

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, efisiensi dan optimalisasi modal kerja menjadi kunci utama bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan profitabilitas.