Pabrik II Beroperasi, Semen Baturaja Semakin Optimis di Persaingan Industri Semen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 03 September 2017 - 17:52 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY co.id -Palembang - Setelah pabrik II beroperasi penuh, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mulai masuki babak baru dalam memproduksi semen di Indonesia.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Rahmad Pribadi menjelaskan, perseroan semakin optimistis menatap ke depan dalam persaingan industri semen. Pasalnya, pabrik II yang baru beroperasi tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 1,85 juta ton per tahun sehingga produksi perseroan akan bertambah 92,5% atau bertambah menjadi 3,85 juta ton jika digabungkan dengan produksi pabrik lama.

“Kami optimistis, karena akan bertambah produksinya sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan semen di home base kami, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), saat ini terus mengalami permintaan," ungkapnya, Kamis (31/8/2017).

Rahmad menerangkan saat ini pertumbuhan komsumsi semen kian meningkat di Sumbagsel, terutama prospek daerah baru seperti Jambi pertumbuhan penjualan mencapai 54% dan Bengkulu 29%.

Selain itu dengan adanya event internasional Asian Games juga akan menambah penjualan yang cukup signifikan karena adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang.

“Tentunya dengan proyek LRT yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ke Jakabaring Sport City (JSC)mendongkrak permintaan semen di home base,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pada akhir tahun target penjualan optimistis tercapai, perseroan menargetkan penjualan mencapai 2.011.198 ton dan pendapatan Rp1,83 triliun.

Dengan rata-rata ungkapnya tumbuh mencapai 23% dan 20% dibanding tahun lalu serta EBITDA sebesar Rp580 miliar tumbuh 38% dibanding tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia usai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)

Senin, 16 Juli 2018 - 01:31 WIB

Prancis Juara Piala Dunia 2018 di Rusia

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Les Blues menekuk Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Suasana Nobar Final Piala Dunia di Kementerian PUPR (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 15 Juli 2018 - 22:26 WIB

Nobar Final Piala Dunia, Menteri Basuki Jagokan Tim Kroasia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara nonton bareng atau Nonton Bareng Final Piala bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran keluarga besar…

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:52 WIB

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Sebagai kelanjutan dari Strategi Roadmap Premiumisasi, PT Piaggio Indonesia kembali menghadirkan pameran Mall to Mall di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, dari tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2018.…

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:02 WIB

Tingkatkan Pemanfaatan PLTS, Kementerian ESDM Siapkan Regulasi PLTS Atap

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong peningkatkan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ilustrasi Migas (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 19:30 WIB

Kementerian ESDM: Komitmen Pasti Investasi Migas Senilai US$1 Miliar Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sebanyak 25 kontrak migas gross split yang ada, menghasilkan total komitmen pasti investasi sekitar US$1 miliar atau Rp 14 triliun.