Pabrik II Beroperasi, Semen Baturaja Semakin Optimis di Persaingan Industri Semen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 03 September 2017 - 17:52 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY co.id -Palembang - Setelah pabrik II beroperasi penuh, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mulai masuki babak baru dalam memproduksi semen di Indonesia.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Rahmad Pribadi menjelaskan, perseroan semakin optimistis menatap ke depan dalam persaingan industri semen. Pasalnya, pabrik II yang baru beroperasi tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 1,85 juta ton per tahun sehingga produksi perseroan akan bertambah 92,5% atau bertambah menjadi 3,85 juta ton jika digabungkan dengan produksi pabrik lama.

“Kami optimistis, karena akan bertambah produksinya sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan semen di home base kami, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), saat ini terus mengalami permintaan," ungkapnya, Kamis (31/8/2017).

Rahmad menerangkan saat ini pertumbuhan komsumsi semen kian meningkat di Sumbagsel, terutama prospek daerah baru seperti Jambi pertumbuhan penjualan mencapai 54% dan Bengkulu 29%.

Selain itu dengan adanya event internasional Asian Games juga akan menambah penjualan yang cukup signifikan karena adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang.

“Tentunya dengan proyek LRT yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ke Jakabaring Sport City (JSC)mendongkrak permintaan semen di home base,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pada akhir tahun target penjualan optimistis tercapai, perseroan menargetkan penjualan mencapai 2.011.198 ton dan pendapatan Rp1,83 triliun.

Dengan rata-rata ungkapnya tumbuh mencapai 23% dan 20% dibanding tahun lalu serta EBITDA sebesar Rp580 miliar tumbuh 38% dibanding tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani jagung

Senin, 18 Februari 2019 - 05:00 WIB

Tambahan Produksi Jagung 3,3 Juta Ton, Tak Perlu Impor

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para petani jagung yang telah memproduksi tambahan pasokan komoditas pangan itu hingga 3,3 juta ton sehingga Indonesia…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:30 WIB

Dukung Industri Logistik, Pelindo 1 Selesaikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah merampungkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kinerja pelayanan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:00 WIB

Industri 4.0 Belum Bela Hak Petani Jamin Harga Pangan Terjangkau

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih belum bisa membela hak-hak petani dan menjamin harga pangan yang terjangkau.

Menperin airlangga bersama presiden jokowi di acara roadmap industri 4.0

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:26 WIB

Dana Riset Dinilai Belum Khusus untuk Industri 4.0

Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhono Harso Supangkat mengatakan, dana riset dan pengembangan dari pemerintah belum khusus untuk revolusi industri ke-empat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Minggu, 17 Februari 2019 - 18:40 WIB

Pacu Pertumbuhan Ekonomi 2020-2040, Ini Langkah Strategis Kemenperin

Pemerintah menyiapkan langkah strategis perekonomian 2020-2024 yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor manufaktur.