Semester II, Premi Asuransi Umum Syariah Didorong Premi Kendaraan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 29 Agustus 2017 - 13:23 WIB

BNI Syariah. (Foto: IST)
BNI Syariah. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Semester II, merupakan tantangan bagi asuransi syariah untuk mencapai target pertumbuhan 20%. Sayang sekali asosiasi syariah belum punya data detail soal nilai premi dan target. Namun hanya sebatas target presentase.

Pemain asuransi umum syariah tumbuh 3% pada semester I 2017, karena didorong dari premi asuransi kendaraan. Mayoritas sumber pendapatan premi berasal dari mobil, selain premi kesehatan dan lainnya.

Tatang Hidayat, Divisi Riset dan Technologi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menyatakan,sentimen pertumbuhan ekonomi yang akan membaik pada semester ke II diharapkan dapat menopang pertumbuhan asuransi syariah terutama pada asuransi umum.

"Kemampuan bayar belum lihat sentimen positif, apakah kondisi kita semester II baik atau tidak.Membaik keuangan syariah, awal tahun tidak terlalu membaik, ada konsolidasi performen akan baik," kata dia di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Berdasarkan data penjualan mobil pada Juli 2017 mencapai 84.905 unit atau melesat 27,92 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu 66.370 unit. Secara tahunan, penjualan mobil pada periode Januari-Juli tembus 618.808 unit atau meningkat 4,17 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu, yakni 594.018 unit.

Adapun target pertumbuhan asuransi umum syariah, dipatok sebanyak 20%. Namun hingga kini, baru tumbuh 3%. Tatang memiliki tantangan yang cukup panjang untuk menggeber kemajuan pertumbuhan industri asuransi umum syariah.

"Asuransi umum syariah selama kurun waktu 5 tahun dapat tumbuh, meski secara produk enggak jauh dengan yang konvensional," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…