Semester II, Premi Asuransi Umum Syariah Didorong Premi Kendaraan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 29 Agustus 2017 - 13:23 WIB

BNI Syariah. (Foto: IST)
BNI Syariah. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Semester II, merupakan tantangan bagi asuransi syariah untuk mencapai target pertumbuhan 20%. Sayang sekali asosiasi syariah belum punya data detail soal nilai premi dan target. Namun hanya sebatas target presentase.

Pemain asuransi umum syariah tumbuh 3% pada semester I 2017, karena didorong dari premi asuransi kendaraan. Mayoritas sumber pendapatan premi berasal dari mobil, selain premi kesehatan dan lainnya.

Tatang Hidayat, Divisi Riset dan Technologi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menyatakan,sentimen pertumbuhan ekonomi yang akan membaik pada semester ke II diharapkan dapat menopang pertumbuhan asuransi syariah terutama pada asuransi umum.

"Kemampuan bayar belum lihat sentimen positif, apakah kondisi kita semester II baik atau tidak.Membaik keuangan syariah, awal tahun tidak terlalu membaik, ada konsolidasi performen akan baik," kata dia di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Berdasarkan data penjualan mobil pada Juli 2017 mencapai 84.905 unit atau melesat 27,92 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu 66.370 unit. Secara tahunan, penjualan mobil pada periode Januari-Juli tembus 618.808 unit atau meningkat 4,17 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu, yakni 594.018 unit.

Adapun target pertumbuhan asuransi umum syariah, dipatok sebanyak 20%. Namun hingga kini, baru tumbuh 3%. Tatang memiliki tantangan yang cukup panjang untuk menggeber kemajuan pertumbuhan industri asuransi umum syariah.

"Asuransi umum syariah selama kurun waktu 5 tahun dapat tumbuh, meski secara produk enggak jauh dengan yang konvensional," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).