Hasil Pertanian Tidak Sesuai Harapan, Darmin Mengaku Risau

Oleh : Ridwan | Rabu, 16 Agustus 2017 - 07:36 WIB

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Besar pasak dari pada tiang, Menko Perekonomian, Darmin Nasution risau, karena, dana negara untuk pertanian sebesar Rp50 triliun yang digelontorkan, ternyata tidak setimpal dengan hasil yang didapat selama satahun ini.

"Kalau digabung setahun sekitar Rp50 triliun. Pertanyaannya hasilnya kira-kira berapa? Sepadan tidak dengan itu," kata Darmin dalam rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Agribisnis, Pangan, dan Kebutuhan di Jakarta,akhir tahun lalu.

Dana tersebut meliputi tiga hal yaitu, subsidi pupuk, pencetakan sawah baru, dan pembangunan irigasi. Subsidi pupuk mengambil porsi paling besar dengan nilai mencapai Rp30 triliun.

Darmin menilai, penyebabnya adalah program yang tidak tersambung dengan benar. Pembangunan irigasi misalnya, menurut Darmin banyak irigasi yang dibangun, namun jalurnya tidak berdekatan dengan sawah. Sehingga pengairan tidak berjalan baik.

"Irigasi itu jangan dikira yang 5 kilometer, tetapi berapa luas lahan yang bisa diairi. Sering sekali masalahnya irigasi lewat tapi tidak di sawah," tukasnya.

Selain itu, kurangnya hasil pertanian semakin terbukti dengan pola panen padi yang semakin melemah. Dari dulu hingga sekarang hanya ada dua masa panen, yakni ketika usai musim hujan. Ketika hujan datang berarti para petani bisa menanam padi.

"Jadi bukan irigasi, tapi hujan. Kalau hujan berarti orang bisa menanam padi," tegas Darmin.

Oleh karena itu, agar program berjalan maksimal, dibutuhkan one map policy. Darmin menjelaskan, ini adalah peta yang menggambarkan kondisi Indonesia dengan lebih rinci. Sehingga pemerintah lebih tepat dalam pengambilan keputusan.

"Menurut kita ini sangat krusial, mulai dijalankan dengan baik adalah mendudukan irigasi dengan sawah. Karena selama ini banyak tidak nyambung," tukasnya.

Padahal menurut Ekonom dari Universitas Indonesia, Faisal Basri mengatakan, angka kemiskinan di desa diakibatkan oleh kontribusi beras sebanyak 26,46% dan di kota sebanyak 20,11%. "Cara paling efektif untuk mengentaskan kemiskinan adalah instrumen beras," kata Faisal.

Faisal mengatakan, pemerintah seharusnya mengutamakan peningkatan produksi dan fokus ke hulu. Peningkatan produksi, katanya , akan menyelesaikan masalah disparitas harga. Dia menyebutkan, pemerintah seharusnya meningkatkan mekanisme untuk menggenjot produktivitas.

Diketahui, Berdasarkan data Outlook Padi 2016 Kementerian Pertanian, produktivitas padi Indonesia 2010-2014 hanya mencapai 5,7 ton per hektare (Ha), masih dibawah Vietnam yang mencapai 6,67 ton per Ha. Padahal lahan pertanian padi di Vietnam tidak sebesar Indonesia, namun produktivitasnya lebih tinggi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…