Undip Gaet Jasa Marga dan Carmen Garap 2 Mega Proyek Senilai Rp35 Triliun

Oleh : Irvan AF | Rabu, 16 Agustus 2017 - 05:10 WIB

Rektor Undip Yos Johan Utama (ketiga dari kiri), Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi (keempat dari kiri), bersama jajaran Direksi PT Jasa Marga Properti. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Rektor Undip Yos Johan Utama (ketiga dari kiri), Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi (keempat dari kiri), bersama jajaran Direksi PT Jasa Marga Properti. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id, Semarang -  Universitas Diponegoro Semarang menggaet dua perusahaan besar, PT Jasa Marga Properti dan PT Carmen Internasional Indonesia untuk menggarap dua mega proyek di Semarang dan Jepara, Jawa Tengah.

Kerjasama tripartite antar tiga lembaga itu meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan bisnis, pembangunan Jepara Smart City 2030 serta pengembangan Marine Science Techno Park (MSTP) dengan nilai project US$30 Miliar atau setara Rp35 triliun, melalui program investasi langsung luar negeri (foreign direct investment) dibawah skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (Public Private Partnership).

Rektor Univeritas Diponegoro Yos Johan Utama menyambut baik dan senang atas adanya kerjasama dengan ketiga pihak ini. Pasalnya, menurut Yos Undip telah berstatus PTN-BH yang harus sigap mencari setiap peluang untuk mengembangkan kampus.  

"Karena pada hakekatnya PTN-BH adalah universitas yang mempunyai kemandirian baik di bidang akademik,keuangan dan pencarian sumber dana,” ujar Yos usai penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Jasa Marga Properti dan PT Carmen Internasional Indonesia, di Ruang Sidang Pimpinan Undip, Tembalang, Selasa (15/8/2017).

Penandatanganan naskah kerja sama tripartit dilakukan masing-masing oleh Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama, Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi dan disaksikan Komisaris PT Carmen Internasional Yudhie Haryono. Agenda ini juga dihadiri oleh para pimpinan Universitas, Dekan dan ketua lembaga di lingkungan Undip.

Rektor Undip Yos Johan Utama juga berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak demi kejayaan Bangsa dan Negara Indonesia.

Senada, Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama tersebut.

"Ke depan kami berharap dapat lebih memperluas bidang kerjasama dengan Undip," ujar Irwan dalam sambutannya.

Sementara itu Komisaris PT Carmen Internasional Yudhie Haryono berharap proyek kerjasama pihaknya dengan Undip dalam mengembangkan Jepara Smart City, nantinya bisa menjadi proyek nasional dan dapat meningkatkan potensi dan sumber daya yang ada di Teluk Awur, Jepara.

"Proyek pembangunan smart city di Teluk Awur ini sangat strategis untuk pembangunan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Kami sangat bersemangat bisa bekerjasama dengan Undip untuk mewujudkan proyek besar ini menjadi proyek nasional,” ungkap Yudhie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:14 WIB

Bank Mandiri Syariah Berharap Dapat Ruang Besar Untuk Biayai Infrastruktur

Jakarta-Bank Mandiri Syariah mengharapkan diberikan ruang yang cukup lebar untuk terlibat pada pendanaan proyek-proyek infrastruktur yang digagas pemerintah.

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…