Undip Gaet Jasa Marga dan Carmen Garap 2 Mega Proyek Senilai Rp35 Triliun

Oleh : Irvan AF | Rabu, 16 Agustus 2017 - 05:10 WIB

Rektor Undip Yos Johan Utama (ketiga dari kiri), Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi (keempat dari kiri), bersama jajaran Direksi PT Jasa Marga Properti. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Rektor Undip Yos Johan Utama (ketiga dari kiri), Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi (keempat dari kiri), bersama jajaran Direksi PT Jasa Marga Properti. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id, Semarang -  Universitas Diponegoro Semarang menggaet dua perusahaan besar, PT Jasa Marga Properti dan PT Carmen Internasional Indonesia untuk menggarap dua mega proyek di Semarang dan Jepara, Jawa Tengah.

Kerjasama tripartite antar tiga lembaga itu meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan bisnis, pembangunan Jepara Smart City 2030 serta pengembangan Marine Science Techno Park (MSTP) dengan nilai project US$30 Miliar atau setara Rp35 triliun, melalui program investasi langsung luar negeri (foreign direct investment) dibawah skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (Public Private Partnership).

Rektor Univeritas Diponegoro Yos Johan Utama menyambut baik dan senang atas adanya kerjasama dengan ketiga pihak ini. Pasalnya, menurut Yos Undip telah berstatus PTN-BH yang harus sigap mencari setiap peluang untuk mengembangkan kampus.  

"Karena pada hakekatnya PTN-BH adalah universitas yang mempunyai kemandirian baik di bidang akademik,keuangan dan pencarian sumber dana,” ujar Yos usai penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Jasa Marga Properti dan PT Carmen Internasional Indonesia, di Ruang Sidang Pimpinan Undip, Tembalang, Selasa (15/8/2017).

Penandatanganan naskah kerja sama tripartit dilakukan masing-masing oleh Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama, Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi dan disaksikan Komisaris PT Carmen Internasional Yudhie Haryono. Agenda ini juga dihadiri oleh para pimpinan Universitas, Dekan dan ketua lembaga di lingkungan Undip.

Rektor Undip Yos Johan Utama juga berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak demi kejayaan Bangsa dan Negara Indonesia.

Senada, Direktur PT. Jasa Marga Properti Irwan Nurhadi memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama tersebut.

"Ke depan kami berharap dapat lebih memperluas bidang kerjasama dengan Undip," ujar Irwan dalam sambutannya.

Sementara itu Komisaris PT Carmen Internasional Yudhie Haryono berharap proyek kerjasama pihaknya dengan Undip dalam mengembangkan Jepara Smart City, nantinya bisa menjadi proyek nasional dan dapat meningkatkan potensi dan sumber daya yang ada di Teluk Awur, Jepara.

"Proyek pembangunan smart city di Teluk Awur ini sangat strategis untuk pembangunan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Kami sangat bersemangat bisa bekerjasama dengan Undip untuk mewujudkan proyek besar ini menjadi proyek nasional,” ungkap Yudhie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Senin, 28 Mei 2018 - 17:02 WIB

IKM Batik Nasional Bakal Melenggak-Lenggok di Paris, Perancis

Kementerian Perindustrian terus melakukan promosi keunggulan batik sebagai hasil kebudayaan Tanah Air. Salah satunya dengan mendukung para pelaku IKM untuk berpartisipasi dalam ajang pameran…

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…