Dukung Roadmap Industri Otomotif, Pemerintah Sepakat Berikan Dispensasi Standar emisi Euro 4 dan Penyetaraan Tarif Pajak Sedan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 22 Juli 2017 - 08:13 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Ridwan / INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Ridwan / INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian tengah membahas perkembangan roadmap otomotif beserta sejumlah regulasi yang akan disesuaikan untuk mendukung peta jalan, salah satunya adalah penyetaraan pajak untuk jenis sedan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto seusai rapat dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya serta pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kantor Wakil Presiden, Jakarta (21/7/2017).

Seperti diketahui, selama ini pengenaan pajak untuk sedan terbilang tinggi yakni 30 persen, sementara itu untuk tipe MPV dan SUV hanya sebesar 10 persen. Padahal saat ini sedan tidak lagi dianggap sebagai barang mewah.

"Sedan memiliki pasar yang sangat potensial di luar negeri dan dapat mengerek nilai ekspor Indonesia. untuk kuartal pertama saja nilai ekspornya meningkat 30 persen, kalau kita memproduksi sedan potensi naiknya lebih tinggi lagi," ungkap Airlangga.

Disisi lain, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan, penurunan tarif pajak untuk sedan dapat membantu menaikkan ekspor mobil dan bersaing dengan Thailand.

"Kalau jenis mobilnya ditambah sedan ini ekspor naiknya bisa lebih banyak. Saat ini Indonesia ekspor 200 ribu lebih per tahun, sedangkan Thailand mengekspor hampir 1 juta per tahun," kata Yohannes.

Sementara itu, terkait penundaan penerapan standar emisi Euro 4, Airlangga mengatakan, dispensasi tersebut tidak akan ditindaklanjuti dengan perubahan permen. Melainkan, akan direalisasikan dalam bentuk pelaksanaan kesepakatan antara kementerian Perindustrian, KLH dan Kemenhub," ucapnya.

Dari hasil pertemuan pertemuan antara Wapres JK, Menteri Perindustrian, Menteri LKH dan Gaikindo, disepakati bahwa pemerintah memberikan dispensasi selama enam bulan untuk penerapan standar emisi Euro 4 bagi jenis kendaraan tertentu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…