Luhut Minta BPPT Kembangkan Mobil Listrik, atau Hanya Jadi Pasar!

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juli 2017 - 15:35 WIB

BPPT Gelar Kongres Teknologi Nasional 2017 (Fadli: Industry.co.id)
BPPT Gelar Kongres Teknologi Nasional 2017 (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT) tidak sekedar membuat prototype mobil listrik tanpa ada pengembangan lanjutan hingga produksi massal.

“Jangan sampai kita hanya jadi pasar saja, tidak bisa produksi sendiri. Saya minta BPPT untuk bisa mengembangkan proyek ini,” kata Luhut dalam sambutannya membuka Kongres Teknologi Nasional 2017, di kantor BPPT, Senin (17/7/2017).

Luhut mengatakan, apabila pengembangan mobil listrik berjalan, maka Indonesia tidak akan menjadi pasar bagi produsen negara lain yang sudah terlebih dahulu menerapkan proyek tersebut.

Padahal, menurut Luhut, pengembangan mobil listrik akan sangat berguna di masa mendatang, mengingat energi fosil saat ini sudah semakin menipis dan tidak dapat terus dipakai.

"Ini yang harus kita antisipasi agar tidak terus memakai energi fosil, pengembangan mobil listrik ini harus berjalan," tambahnya.

Mengenai regulasi, Luhut menyampaikan, pemerintah akan mendorong hal itu guna benar-benar dijalankan oleh BPPT. Dirinya juga sudah meminta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dapat menambah anggaran BPPT.

"Saya sudah bilang ke Bu Menkeu, anggaran harus ditambah, jangan sampai kekurangan untuk pengembangan teknologi dalam negeri," tandasnya

  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…

LUNA V Lite

Rabu, 21 Februari 2018 - 16:41 WIB

Fokus ke Produk, LUNA Smartphone Optimis Kuasai Pasar Dalam 3 Tahun

Luna V Lite dengan layar Fullscreen rasio 18:9 mampu menghadirkan kualitas yang sama dengan harga yang cukup fantastis yaitu 1,7 jutaan.