Luhut Minta BPPT Kembangkan Mobil Listrik, atau Hanya Jadi Pasar!

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juli 2017 - 15:35 WIB

BPPT Gelar Kongres Teknologi Nasional 2017 (Fadli: Industry.co.id)
BPPT Gelar Kongres Teknologi Nasional 2017 (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT) tidak sekedar membuat prototype mobil listrik tanpa ada pengembangan lanjutan hingga produksi massal.

“Jangan sampai kita hanya jadi pasar saja, tidak bisa produksi sendiri. Saya minta BPPT untuk bisa mengembangkan proyek ini,” kata Luhut dalam sambutannya membuka Kongres Teknologi Nasional 2017, di kantor BPPT, Senin (17/7/2017).

Luhut mengatakan, apabila pengembangan mobil listrik berjalan, maka Indonesia tidak akan menjadi pasar bagi produsen negara lain yang sudah terlebih dahulu menerapkan proyek tersebut.

Padahal, menurut Luhut, pengembangan mobil listrik akan sangat berguna di masa mendatang, mengingat energi fosil saat ini sudah semakin menipis dan tidak dapat terus dipakai.

"Ini yang harus kita antisipasi agar tidak terus memakai energi fosil, pengembangan mobil listrik ini harus berjalan," tambahnya.

Mengenai regulasi, Luhut menyampaikan, pemerintah akan mendorong hal itu guna benar-benar dijalankan oleh BPPT. Dirinya juga sudah meminta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dapat menambah anggaran BPPT.

"Saya sudah bilang ke Bu Menkeu, anggaran harus ditambah, jangan sampai kekurangan untuk pengembangan teknologi dalam negeri," tandasnya

  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat memberikan sambutan dalam acara 'PropertyGuru Indonesia Property Awaeds' (Foto: Dok. Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:30 WIB

Mendag Ajak Pengusaha Properti Berlomba-Lomba Sajikan Karya Terbaik

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak para developer tanah air untuk berlomba-lomba menyajikan karya terbaiknya agar mampu menarik minat konsumen.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Jumat, 21 September 2018 - 15:20 WIB

Kemenhub Pastikan Tak Ada Aplikasi Taksi Pemerintah

Kementerian Perhubungan mengklarifikasi bahwa tidak ada aplikasi taksi dalam jaringan (daring) yang dioperasikan oleh pemerintah.

THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

Jumat, 21 September 2018 - 15:15 WIB

Kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 Temukan Peserta Top 20

Setelah melaksanakan rangkaianroadshowlima kota di Bandung, Yogyakarta,DenpasarBali, Surabaya dan Jakarta,The Big Start Indonesia Season 3berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi…

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.

Kejar Limit Demi Asian Para Games dan Paralimpiade Tokyo

Jumat, 21 September 2018 - 14:53 WIB

Gelaran Asian Para Games 2018 Sebentar Lagi , INAPGOC Pastikan Persiapan Sudah Hampir 100 Persen

Tiket upacara pembukaan terbagi dalam empat kelas: platinum Rp 2,5 juta, gold Rp 1,5 juta, silver Rp 750 ribu, dan bronze Rp 500 ribu. Pembelian dapat dilakukan mulai tanggal 20 September 2018…