Masjid Istiqlal Jakarta Terima Zakat Fitrah Rp400 Juta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Juni 2017 - 15:21 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta telah menerima zakat fitrah pemberi zakat (muzaki) sebesar Rp400 juta dalam bentuk uang dan angka tersebut akan dapat bertambah seiring aktivitas gerai zakat yang masih melayani jamaah.

"Sampai pukul 14.00 WIB uang zakat fitrah diterima senilai kurang lebig Rp400 juta dalam bentuk uang," kata Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam ketika ditemui wak media  di Jakarta, Sabtu (24/6/2017)

Sembari membantu panitia/amil zakat fitrah, Abu mengatakan hampir 98 persen masyarakat memilih menunaikan zakat fitrah dalam bentuk uang tunai daripada membawa beras langsung.

Hal terpenting, kata dia, uang tersebut setara dengan nilai harga beras 3,5 liter atau 2,7 kilogram yang ditetapkan senilai Rp50 ribu.

Berdasarkan pantauan Antara, sejumlah pengunjung Istiqlal menunaikan zakat fitrah kepada amil secara bergantian. Panitia menyediakan gerai khusus untuk penerimaan zakat yaitu di pintu masuk Al Fatah, Masjid Istiqlal.

Sementara itu, nampak juga unsur masyarakat selaku penerima zakat (mustahik) fitrah yang silih ganti berdatangan mengambil beras zakat fitrah ke ruang pengambilan. Mereka berasal dari perorangan, lembaga sosial, masjid dan musholla.

Abu mengatakan para penerima dari lembaga yang mengambil zakat fitrah harus mengajukan proposal terlebih dahulu. Sementara dari unsur perorangan mereka berdatangan satu per satu megambil hak selaku mustahik.

Pembagian per kepala, kata dia, adalah 4 kilogram beras per orang. Suasana pembagian terpantau lancar karena tidak ada antrian panjang.

Meski penerimaan zakat fitrah belum ditutup, Abu mengatakan pembagian beras dilakukan secara berangsur-angsur guna efektivitas kerja dari amil zakat fitrah.

Dia mengatakan panitia zakat fitrah Istiqlal terus membuka gerai untuk umum hingga terakhir Sabtu malam pukul 23.00 WIB dengan catatan pemerintah menetapkan 1 Syawal/Hari Idul Fitri jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Hal berbeda jika Idul Fitri ditetapkan pada Senin, 26 Juni 2017 yang berarti penutupan penerimaan zakat adalah pada Minggu (25/6) malam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…