Jadi Market Leader No 1 di Indonesia, Krakatau Steel 'Pede' Siap Cetak Laba Lebih Tinggi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Desember 2021 - 12:35 WIB

Gedung Krakatau Steel (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Gedung Krakatau Steel (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di Tengah Dampak Negatif Pandemi Covid-19 yang terjadi ternyata mendorong berbagai perusahaan untuk berinovasi agar tetap bisa bertahan,tak terkecuali bagi BUMN Besi Baja di Indonesia, PT Krakatau Steel (KS).

Hal ini dibuktikan oleh PT Krakatau Steel dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 326 miliar pada tahun 2020. Padahal, sejak 2012 secara berturut-turut perusahaan pelat merah itu selalu merugi.

Direktur Komersial PT Krakatau Steel, Melati Sarnita mengatakan PT Krakatau Steel saat ini merupakan BUMN satu-satunya di bidang baja nasional, yang berada di posisi terbaik untuk  mendukung pertahanan negara dan pembangunan Nasional.

"Tentu pencapaian ini tidaklah mudah, Krakatau Steel butuh waktu 51 tahun untuk membangun jaringan infrastruktur dan bisnis supporting yang terintegrasi di Cilegon dan di seluruh Indonesia dengan portofolio bisnis yang lengkap," ujar Melati dalam Forum Dialog HIPMI berjudul Penguatan Industri Baja Nasional : Transformasi Krakatau Steel di Tengah Pandemi, Senin, (13/12/2021)

Melati juga menambahkan saat ini Krakatau Steel merupakan Market leader No. 1 di Indonesia yang menguasai lebih dari 48% total dari pangsa pasar dalam negeri untuk Hot Rolled Coil.

Selain itu Krakatau Steel mencapai business excellence dengan memanfaatkan klaster industri baja di Cilegon dari baja hilir dan support.

"Saat ini, kapasitas kami juga sudah mencapai 6,9 ton of yang terintegrasi di seluruh value chain. Kami telah melakukan restrukturisasi keuangan, restrukturisasi organisasi hingga transformasi bisnis untuk bisa melakukan pencapaian bisnis yang lebih baik tahun depan," ungkap Melati.

Ia juga menambahkan baru saja Krakatau Steel  meluncurkan  platform marketplace khusus baja beserta turunannya yaitu KRASmart untuk membudahkan pembeli membeli baja dengan standar dan layanan yang baik.

"Kita melihat potensi dan juga memanfaatkan teknologi digital untuk membuka pasar baru dan penetrasi pasar produk-produk hilirisasi. Dengan KRASmart ini harapannya akan memperbaiki pemasaran lebih efisien waktu dan membangun brand awareness dan memudahkan konsumen," kata Melati.

Terakhir Melati mengatakan inovasi bisnis seperti KRASmart merupakan wujud keseriusan krakatau steel dalam menyambut era digitalisasi untuk memperbaiki aspek penjualan hingga aspek keuangan. 

Melati juga yakin dengan transformasi yang terus dilakukan Krakatau Steel akan semakin sehat dan semakin efisien. "Sehingga semakin kompetitif dalam memperkuat industri besi dan baja nasional," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…