Satgas Pamtas Yonif 126 KC Menjadi Pengajar di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Desember 2021 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 126 KC Menjadi Pengajar
Satgas Pamtas Yonif 126 KC Menjadi Pengajar

INDUSTRY.co.id - Keerom- Personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC menjadi tenaga pengajar Sekolah Dasar Kanandega di Kampung Banda, Distrik Waris, Kab. Keerom, Papua. Menjadi tenaga pengajar di wilayah perbatasan Papua, merupakan program Satgas Yonif 126/KC mengingat jumlah tenaga pendidik di perbatasan masih minim. Program ini dilaksanakan dalam rangka turut mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya kepada generasi penerus di perbatasan Papua melalui jalur pendidikan formal (sekolah).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (07/12/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia, tanpa kecuali. Anak-anak di seluruh wilayah NKRI harus mengenyam pendidikan, tidak terkecuali anak-anak di wilayah perbatasan. Menjadi tanggung jawab moral Satgas Pamtas Yonif 126/KC khususnya Pos Waris untuk turut mendidik anak-anak di daerah binaannya.

“Program tenaga pendidik Satgas Yonif 126/KC di titik beratkan pada PPK (penguatan pendidikan karakter). Fokus pengajaran tersebut diharapkan dapat membina karakter anak-anak di perbatasan Papua yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

“Materi yang diberikan mengerucut kepada tiga tujuan besar diantaranya pertama untuk menumbuhkan jati diri sebagai bagian dari NKRI, kedua untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang bermartabat dan memiliki rasa cinta terhadap tanah air Indonesia, ketiga untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang berakhlak mulia,” kata Dansatgas, seperti diinformasikan Dispen TNI.

Di tempat terpisah, Wadan Pos Waris Serda Hayadi Putra menyampaikan bahwa Pos Waris akan selalu siap setiap saat untuk menjadi tenaga pendidik baik diminta ataupun tidak. “Kami Satgas Pamtas Yonif 126/KC sudah dibekali keterampilan sebagai tenaga pendidik yaitu sebagai pengajar sewaktu di homebase oleh dinas pendidikan Kabupaten Batu Bara dan sudah mendapatkan sertifikasi mengajar dari Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.

“Kami juga berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat binaan kami, salah satunya dengan mengajar sebagai guru atau tenaga pendidik dan kami juga membagikan buku pelajaran kepada siswa siswi Sekolah Dasar Kanandega,” pungkas Hayadi.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Kanandega Ibu Yanti menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti yang dengan suka rela beri sumbangsih ilmu pengetahuan kepada anak didik kami. “Diharapkan kedepan menjadi anak atau generasi yang berkarakter dikemudian hari, semoga kegiatan seperti ini tetap berlanjut agar anak didik kami semakin semangat belajar,” ucapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…