Ciptakan Dunia Digital yang Positif dengan Kolaborasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 21:30 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tingginya pengguna internet mendukung kita untuk lebih giat menggunakan media digital dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas kita di dunia digital perlu etika. Kita perlu lebih bijak lagi berkegiatan di media sosial, cermati setiap hal dan informasi yang diterima dari kanal digital.  

“Kita tahu ya saat ini generasi yang bermain di media sosial adalah generasi yang rentan. Mudah menangkap informasi mentah-mentah tanpa di cek terlebih dahulu,” ujar  Chika Amalia, Publik Figur Branding & Partnership dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dengan demikian kita harus lebih waspada mengenai apa saja yang dilakukan di dunia digital. Salah satu contohnya ialah etika saat menggunakan konten orang lain. Di dunia digital, konten memiliki hak ciptanya masing-masing meski belum dipatenkan seperti foto, gambar, atau video. Mengunggah foto milik orang lain tanpa seizinnya merupakan hal yang tidak etis. Terlebih jika konten orang lain tersebut digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersil. Biasakan diri untuk konfirmasi dan izin kepada pemilik konten.

Chika menyampaikan, kita bisa memanfaatkan dunia digital secara positif dengan kolaborasi. Upaya kolaborasi, terutama dalam tema kebangsaan mampu meningkatkan persatuan dan rasa cinta tanah air dalam audiensnya. Kita juga bisa melibatkan lapisan tokoh masyarakat untuk berkolaborasi. Dengan demikian, konten kita di media sosial akan lebih positif.

“Hindari menyebarkan berita yang belum divalidasi kebenarannya dalam kanal digital atau grup chat,” ungkapnya.

Dalam merespon sebuah materi konten, kita tidak boleh gegabah. Cari lehih dahulu sumber berita yang valid. Kemudian, tidak memberikan komentar-komentar SARA dan bersifat provokatif. Ia mengimbau untuk menerapkan prinsip-prinsip etis tersebut dalam bermedia digital dan menggunakan kesadaran. 
"Jangan lupa untuk selalu berpikir mengenai setiap tindakan dan partisipasi kita di dunia digital. Hal ini penting karena apapun yang kita lakukan di internet akan meninggalkan jejak digital," tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah  Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/11/2021) juga menghadirkan pembicara,Dino Hamid (Ketua Asosiaso Promotor Musik Indonesia), Elfira Fitri Wahyono (Manager External Student Affaris UMN), Rino (Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma), dan Manda Utoyo (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…