Anak Muda Perlu Etika saat Berinternet dan Memanfaatkan Media Digital dengan Bijaksana

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 20:45 WIB

Ilustrasi Pekerja Milenial
Ilustrasi Pekerja Milenial

INDUSTRY.co.id - Etika digital sangat diperlukan saat ini, terutama karena interaksi dengan media digital yang sangat tinggi. Menurut We Are Social & Hootsuit di survei tahun 2020 dalam sehari, masyarakat Indonesia bisa menghabiskan hingga 8 jam lebih berinteraksi di ruang digital.

“Media digital yang dipakai bervariasi, ada Facebook, Instagram, What’sApp sangat mendominasi. Artinya kita sangat dekat dengan media digital dan didominasi usia muda 30 hingga 40 persen, ini tinggi sekali pemakaian media digital,” Kata Triantono, Dosen di Universitas Tidar Magelang saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara itu, usia muda yang mulai aktif di dunia digital serta media sosial belumlah matang dan masih mencari jati diri sehingga rentan akan berbagai dampak buruk internet. Namun di usia muda, remaja ke atas hingga usia produktif merupakan jenjang yang sedang semangat mencari sesuatu hal baru. Keadaan ini memunculkan suatu tantangan dan kesempatan baru, di mana anak muda merupakan subjek terbanyak penetrasi pengguna internet di Indonesia.

“Media digital bagai pedang bermata dua. Di satu sisi positif dan negatif, ketika tidak digunakan sebagaimana mestinya akan berisiko,” ujarnya lagi.

Namun menurutnya risiko tersebut bisa dihindari, yakni dengan literasi digital yang bila tidak dilakukan maka risiko yang terjadi bisa permasalahkan karena instrumennya, bukan siapa yang menggunakan. 

"Padahal bila diatur dengan baik, maka media digital seperti platform media sosial dan marketplace justru bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan yang besar," bebernya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Rato, Dosen UNEJ, Ida Parwati, Ketua IKAL Lemhamnas TV, Ninik Rahayu, Tenaga Profesional Lemhamnas RI 2021, dan Michiko Utoyo, seorang Mompreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:24 WIB

Bank DKI Raih Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jakarta-Bank DKI berhasil mendapatkan apresiasi yang membanggakan dengan menempatkan diri sebagai Bank Pembangunan Daerah yang berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah.