Pengasuhan Anak dan Etika Digital untuk Pembangunan Karakter

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 20:30 WIB

Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)
Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)

INDUSTRY.co.id - Edukasi di masa mendatang sangat bergantung pada kecakapan digital, namun pondasi non digital tetap perlu dukungan kecakapan non digital seperti tanggung jawab, toleransi, dan pengetahuan konstruktif. Pengasuhan anak sangat penting berkaitan dengan era digital yang memerlukan pengembangan karakter dan sumber daya manusia unggul.

“Kita menghadapi perubahan yang dramatis setiap saat dan bagaimana media digital mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan,” kata Lucy Willar, Founder & COO iCanStudioLive saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang dietrima Industry.co.id.

Dia mengatakan, dengan perubahan yang sangat besar selama pandemi masuarakat perlu mengantisipasi, belajar dan mengikuti arus baik pemanfaatan internet ke arah yang positif. Salah satunya ada perkembangan besar dari penggunaan media sosial di era yang baru ini. Agar digunakan untuk sarana penyebaran nilai-nilai toleransi dan hal positif yang mendukung produktifitas.

"Sehingga setiap pengguna perlu menyadari untuk membiasakan diri mengunggah pesan-pesan yang menumbuhkan toleransi dan kerja sama kolaborasi. Sebab di era ini individu tidak bisa bekerja sendiri, apalagi untuk membuat konten sebagai basis toleransi yang memerlukan dukungan kolaborasi. Hal tersebut bisa dilakukan mulai dari sendiri, secara monolog maupun dari keluarga," jelasnya.

Konten yang bentuknya, teks, suara, hingga audio visual bisa menjadi saran penyebaran edukasi karakter toleransi. Dia pun mengajak agar setiap orang lebih pro aktif, kreatif, dan inovatif membuat karya. 

"Sehingga saat membuat konten tentunya harus mengenal audiens dan fokus, serta menggunakan media yang tepat. Sebab ada begitu banyak platform untuk mendistribusikan konten yang menyasar pada kebutuhan audiens tertentu," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Jendral Dudung, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Lucia Wenehen, Tim Eksekutif JKP3, Romo Chrisanctus, Ketua KKPP Keuskupan Pangkalpinang, dan Inge Indriani, Founder Bukbukatjangkoe. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…