Di World Fintech Festival, Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Desember 2021 - 09:59 WIB

Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN
Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Filipina dan Singapura mempererat hubungan kerja sama yang berbasiskan teknologi finansial (tekfin) melalui kolaborasi lintaswilayah. Kolaborasi ini akan memperkuat pembayaran regional di ASEAN, dan menghasilkan inklusi keuangan bagi Pekerja Migran asal Filipina (Overseas Filipino Worker/OFW), serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di ajang World Fintech Festival Philippines (WFF) 2021 - Singapore Fintech Festival (SFF) baru-baru ini, Gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Benjamin Diokno dan Managing Director, Monetary Authority of Singapore (MAS), Ravi Menon, memperluas Perjanjian Kerja Sama Inovasi Fintek. Perjanjian ini segera menghubungkan sistem pembayaran QR dan seketika (real-time) di kedua negara.

"BSP mengambil langkah awal untuk menghubungkan sistem pembayaran di Filipina dengan sistem-sistem di negara tetangga ASEAN, dan hal ini berawal dari Singapura." kata Gubernur Diokno yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (1/12/2021).

Managing Director, MAS, Menon, menilai ini merupakan sebuah langkah konkret menuju jaringan ASEAN yang terdiri atas sistem pembayaran seketika yang saling terkoneksi.

Peluncuran platform teknologi oleh MAS memperkuat transaksi lintaswilayah ASEAN: Proxtera, memperlancar perdagangan yang dijalankan UKM; arsitektur terbuka API Exchange (APIX) yang mendukung ASEAN dan inovasi finansial global; serta Oxygen, platform peningkatan keahlian dan pengetahuan APIX.

Chief Fintech Officer, MAS, Sopnendu Mohanty, berkata bahwa pembuat terobosan, pengambil kebijakan, dan pakar keuangan mengarahkan topik diskusi SFF 2021, dan menyetarakan. "Konten penting menjadi program sertifikasi pengetahuan, serta sebuah sesi khusus UKM dengan program peningkatan keahlian." katanya

Amor Maclang, Salah Satu Pendiri GeiserMaclang Marketing Communications, Penyelenggara Digital Pilipinas, menyatakan dukungannya terhadap Perjanjian Kerja Sama BSP-MAS: "Kami akan terus melayani BSP dan MAS," katanya.

Kursus-kursus mikrosertifikasi Digital Pilipinas menjawab berbagai tantangan industri melalui digitalisasi, pendidikan, dan tech sandbox.

Dengan dukungan Kementerian Perdagangan dan Industri Filipina, program Business Without Borders (BWB) dan kemitraan Proxtera menghubungkan kalangan UMKM dalam jaringan ASEAN. Digital Pilipinas Academy juga akan menggelar kursus-kursus mikrosertifikasi tentang blockchain.

Lewat programnya, Incremental Industry-Driven Technology Education Resources Authentication Testing Ecosystem (I-ITERATE), kursus-kursus tentang Open Finance, Tekfin, dan teknologi-teknologi baru turut tersedia.

Program sandbox akan dikembangkan Digital Pilipinas bersama instansi-instansi tingkat nasional, berkolaborasi dengan Proxtera, APIX, dan Oxygen. Program ini dapat mempercepat pengembangan teknologi yang sesuai dengan regulasi.

Pembayaran digital yang aman dan cepat
BWB, setelah menghubungkan kalangan UMKM dengan perdagangan internasional, akan selaras dengan Perjanjian Kerja sama BSP-MAS yang telah diperbarui dari versi perjanjian pada 2017.

Director, BSP, Raymond Estioko, berkata, perjanjian versi 2021 akan membuat pembayaran lintaswilayah menjadi lebih murah, inklusif, dan transparan.

CEO Brankas Todd Schweitzer juga menambahkan, pihaknya akan menghubungkan warga Filipina yang belum terjangkau layanan keuangan dengan sistem pembayaran baru dan memperluas inklusi keuangan.

President & CEO, OFBank, Leila Martin, menilai, kalangan OFW segera memperoleh metode pembayaran lintaswilayah yang aman dan bebas dari tindak penipuan.

Setelah perluasan Perjanjian Kerja sama BSP-MAS dan langkah Digital Pilipinas untuk meningkatkan kolaborasi di ASEAN, semakin banyak sektor di Filipina menuju integrasi ekonomi regional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 17 Januari 2022 - 07:00 WIB

Transformasi Industri Gula, Ini Hasil Rumusan National Sugar Summit

Kesenjangan antara kebutuhan dan produksi gula masih cukup lebar, walaupun Pemerintah telah berupaya mendorong pelaku usaha gula untuk meningkatkan produksi. Upaya untuk meningkatkan produksi…

DankormarMayjen (Mar) Suhartono

Senin, 17 Januari 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Hadiri Peresmian Monumen TNI AL di Madiun

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menghadiri peresmian tiga Monumen Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Senin, 17 Januari 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 126/KC membantu masyarakat perbatasan di Kampung Kalilapar 1 Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, dalam rangka mengurangi angka penyebaran penyakit malaria. Upaya tersebut,…

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat

Senin, 17 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat kepada Generasi Muda

Banyaknya warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh organisasi UNESCO membuat rakyat Indonesia patut merasa bangga, salah satunya warisan budaya bela diri Pencak Silat.

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Senin, 17 Januari 2022 - 04:05 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Pesantren Al-Istiqomah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di Papua tepatnya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Besarnya lingkungan pesantren membuat banyak lahan kosong yang…