3 Langkah Menjadi Kreatif di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 November 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digital skills merupakan kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses serta mengelola informasi. Bukan hanya dapat mengupdate teknologi terkini saja, digital skills menuntut seseorang harus bisa bijak dalam penggunaanya internet seperti memahami pemanfaatannya untuk hal positif.

Lendy Yustena, Co-Founder GMC Group mengatakan, setiap orang harus beradaptasi dan menguasai digital skills di masa sekarang dengan satu kunci penting yaitu menjadi kreatif. Kreatif bisa didapat dengan banyak mencoba hal baru. Cara kreatif yang dia sarankan salah satunya adalah ATM, merupakan singkatan dari amati, tiru dan modifikasi.

Ketiga langkah tersebut akan membawa inspirasi untuk bertahan di masa pandemi.Namun hal pertama yang harus ditanamkan untuk bisa bertahan di masa pandemi adalah pola pikir untuk bisa sukses. Sebab menurutnya kesuksesan tak selalu karena modal besar, tapi dengan bantuan networking atau jejaring teman. Sehingga sangat disarankan untuk memperbanyak jejaring dari media sosial, ikut komunitas, dan organisasi yang positif untuk bisa berkembang dan sukses.

“Lingkungan yang positif akan menghasilkan karya yang positif juga untuk temen-temen,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran eprs yang diterima Industry.co.id.

Selanjutnya modal dari adaptasi akan perkembangan zaman adalah keinginan untuk terus belajar, sebab dengan zaman yang serba dinamis semuanya beralih dengan sangat cepat. Selain itu kolaborasi, kemampuan bekerja sama dengan orang lain juga sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini, karena dua atau tiga ide akan bisa dieksekusi menjadi lebih baik.

“Penting juga untuk memperbarui digital skills yang dimiliki. Karena mungkin keterampilan yang dimiliki ternyata tidak relevan tiga hingga lima tahun ke depan,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI, Idayanti Sudiro, Certified Life and Wellness Coach dan Tabitha Purba, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…