Wuih Ada Layanan Live Cooking di KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis, Budi Doremi: Jadi Tambah Nyaman

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 Oktober 2021 - 10:47 WIB

Budi Doremi (dok. Pribadi)
Budi Doremi (dok. Pribadi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambahkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis dalam rangka menyambut HUT ke-76 yang jatuh pada 28 September 2021.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (4/10/2021) menyebutkan bahwa layanan tersebut hadir atas dasar respon positif masyarakat pada pelayanan live cooking sebelumnya yaitu KA Argo Bromo Anggrek. Dalam rangkaian KA-KA tersebut, di kereta makan KAI menghadirkan koki pilihan yang memasak secara langsung.

Pelanggan kereta api dapat memesan makanan yang dimasak langsung kapan saja, dengan datang ke kereta makan. Selain langsung ke kereta makan, pemesanan hidangan pada kereta makan juga dapat dilakukan melalui WhatsApp di 0811-1061-2121 atau cukup melalui aplikasi KAI Access.

KAI telah melakukan integrasi layanan KAI Sevices pada aplikasi KAI Access untuk kemudahan pelanggan. Pelanggan kereta api dapat memesan menu makanan yang dimasak secara langsung melalui fitur “Makanan” yang ada di KAI Access. Fitur tersebut dapat digunakan setelah pelanggan melakukan pemesanan tiket kereta api.

Melalui fitur di KAI Access tersebut, makanan bahkan dapat dipesan sebelum pelanggan naik kereta api. Selain itu, dengan fitur “Makanan” pelanggan juga dapat memesan kuliner khas daerah tiga jam sebelum kereta tiba di lokasi kuliner khas tersebut berada.

Misalnya, pelanggan dapat memesan gudeg jogja saat naik kereta Argo Wilis menuju Surabaya. Kuliner khas tersebut akan naik dan diberikan saat pelanggan berada di Stasiun Yogyakarta.

Salah satu kuliner yang menjadi pilihan favorit pelanggan kereta api yaitu nasi goreng parahyangaan. Menu tersebut merupakan kuliner legendaris yang selalu dicari. Kondimen yang lengkap dan rasa khas menjadikan menu tersebut selalu ditanyakan saat pelanggan bepergian.

Menu lain yang tidak kalah favorit yaitu nasi ayam geprek dengan sensasi pedas menggoda dan train chicken yang disajikan dengan nasi ataupun kentang. Ada juga menu baru yang wajib dicoba yaitu nasi sei sapi.

Selain rasanya yang unik, pelanggan juga dapat menyaksikan langsung bagaimana kuliner tersebut diolah. Jadi pelanggan bisa menikmati pengalaman kuliner berbeda sambil menikmati pemandangan di kereta makan.

Berkesempatan menikmati layanan live cooking adalah Jihane Almira Chadid, aktris sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata 2020. Ia sangat senang berkuliner di atas kereta api, apalagi makanan yang ia nikmati baru selesai dimasak.

“Menu yang saya pesan ada sei sapi, mie godog jawa, dan nasi goreng parahyangan. Enak-enak banget makanannya, aromanya juga nikmat. Lengkap, menikmati makanan yang enak sambil menikmati pemandangan cantik,” ungkap Jihane.

Selain itu Budi Doremi, penyanyi yang terkenal berkat single berjudul “Do Re Mi” juga turut memesan makanan yang dimasak langsung/live cooking.

“Ternyata sekarang di kereta api ada live cooking, pesan makanan yang langsung dimasak. Saya sekarang pesan beberapa menu, salah satunya nasi sei sapi yang rasanya gurih, enak, pedas. Jadi bikin tambah nyaman dan senang selama perjalanan,” ungkap Budi Doremi.

Tidak hanya menghadirkan berbagai kemudahan tansaksi dan varian menu baru. Dari sisi penyajian, KAI juga terus berinovasi dengan menghidangkan makanan dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

KAI memberikan perhatian pada isu pemanasan global dan pengelolaan sampah terutama sampah plastik. Terbaru, KAI menyajikan makanan dengan kemasan yang dibuat dari serat jagung. Kemasan tersebut mulai digunakan sejak 2 Juli 2021 di Kereta Argo Bromo Angrek untuk makanan yang dimasak langsung/Live Cooking.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan berbagai inovasi tersebut dihadirkan sebagai bentuk memberikan pelayanan prima. Salah satunya dengan memberikan pengalaman berkesan bagi penikmat perjalanan kereta api.

“Harapannya, layanan ini dapat mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner. KAI terus melakukan inovasi salah satunya dengan memberikan customer experience berbeda. Selain waktu tempuh beberapa kereta api dibuat jauh lebih cepat, KAI terus memberikan pelayanan yang jauh lebih baik. Sesuai tema HUT ke-76 KAI, Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik,” tutup Joni. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…