Kadin Indonesia dan Kemenparekraf Tekan Nota Kerja Sama Bangkitkan Sektor Parekraf

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 September 2021 - 17:34 WIB

Kadin Indonesia dan Kemenparekraf Tekan Nota Kerja Sama Bangkitkan Sektor Parekraf
Kadin Indonesia dan Kemenparekraf Tekan Nota Kerja Sama Bangkitkan Sektor Parekraf

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menekan nota kesepahaman untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama bidang pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dalam situasi pandemi ini.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno, secara virtual pada Senin (20/9/2021) sore. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menteri Parekraf) Sandiaga Uno pihaknya sangat menyambut baik kerja sama ini karena akan menguatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Ini kolaborasi yang sangat luar biasa dan akan membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk cepat bangkit setelah dihantam pandemi. Kadin Indonesia ini memiliki jaringan pengusaha yang luas baik dalam dan luar, ini akan mempercepat recovery ekonomi kita," ujar Menparekraf Sandi. 

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, saat ini target investasi di bidang parekraf cukup baik, yakni tumbuh antara 15-20% dari sebelumnya. Menurut Sandi, pada triwulan I, investasi sektor parekraf mencapai 483 Juta USD yang difokuskan pada pembangunan hotel berbintang, restoran dan industri makanan dengan tujuan tempat investasi di Jakarta, Bali dan NTB. 

Senada dengan Menparekraf, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan kerja sama ini merupakan awal langkah untuk berkolaborasi dan bergotong royong dalam memulihkan ekonomi di bidang parekraf yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. 

"Kita tahu, sektor parekraf ini merupakan penyumbang devisa besar bagi Indonesia, karena pariwisata kita sangat indah dan banyak dikunjungi banyak turis mancanegara. Jadi, kami berharap nota kesepahaman ini bukan hanya sekadar tanda tangan, tapi ada action plan yang bisa kita laksanakan bersama," ujar Arsjad. 

KADIN Indonesia, kata Arsjad, akan membantu pemerintah, utamanya Kemenparekraf dalam memajukan sektor parekraf dan dunia digital tanah air. 

"Saat ini kami lihat pemerintah sangat bekerja keras menurunkan angka Covid-19, terutama dengan PPKM dan vaksinasi. Alhasil, pandemi melandai dan kita dipercaya untuk menggelar banyak event internasional yang dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat," jelas Arsjad. 

Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman ini, Menteri Sandiaga dan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid berkomitmen untuk membangun industri kesehatan yang berkesinambungan dengan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama dunia digital sehingga bisa bersaing dengan negara-negara lain. 

Nota kesepahaman antara KADIN Indonesia dan Kemenparekraf yang akan mengedepankan pertukaraan serta pemanfaatan data, edukasi, riset dan peningkatan SDM di bidang parekraf ini ini akan berlangsung selama lima tahun dan bisa diperpanjang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Korps Marinir Siap Dalam Latihan PuncakTNI AL Armada Jaya 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Korps Marinir Siap Dalam Latihan PuncakTNI AL Armada Jaya 2021

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, di wakili Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI Mar Endi Supardi, S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla.,CHRMP.…

Prajurit Marinir Kakaktua Raja Sakti Pasmar 3 Sorong Papua

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Marinir Kakaktua Raja Sakti Pasmar 3 Sorong Laksanakan Hanmars

Dalam rangka Latihan Perorangan Dasar (LPD) Triwulan IV tahun 2021, Prajurit "Kakatua Raja Sakti" Resimen Kavaleri 3 Marinir (Menkav 3 Mar) Pasmar 3 menggelar latihan Ketahanan Mars (Hanmars)…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:00 WIB

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Wakil Ketua DPD RI dan Wamenkumham

Bukannya tanpa alasan, pejabat tinggi negara tersebut diundang Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia untuk membahas aksi-aksi penguatan Bakamla RI, khususnya dalam sudut pandang hukum dan regulasi organisasi.

Pangkogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja INAMPA di Makogabwilhan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 04:30 WIB

Pangkogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja INAMPA di Makogabwilhan I

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla menerima kunjungan kerja dari Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja beserta rombongan,…

Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 04:00 WIB

Danrem 174 Merauke Brigjen Bangun Dampingi Kunker Panglima TNI dan Kapolri di Mimika

Komandan Korem (Danrem) 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko beserta petinggi TNI-Polri Papua dan Papua Barat mendampingi kegiatan kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi…