Sektor ILMATE Diharapkan Tumbuh Empat Persen Hingga Akhir 2017

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 27 Mei 2017 - 15:50 WIB

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian menargetkan sektor Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) tumbuh sekitar 4 persen hingga akhir 2017.

"Kami targetkan 4 koma sekian dengan fokus mengembangkan industri logam dasar," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Jumat (26/4/2017)

Putu menyampaikan, industri prioritas berbasis mineral meliputi empat jenis logam yaitu besi baja, aluminium, tembaga dan nikel.

"Ada beberapa alasan sehingga empat jenis logam tersebut dijadikan sebagai prioritas, salah satunya adalah hilirisasi bahan baku empat jenis mineral bijih besi, bauksit, tembaga dan nikel mempunyai dampak yang signifikan bagi perekonomian melalui investasi dan peningkatan nilai tambah," paparnya.

Selain itu, Kemenperin juga fokus melakukan pengembangan industri elektronika dan telematika diarahkan pada penumbuhan dan pengembangan industri komponen elektronika dan telematika, pengembangan industri telekomunikasi atau telepon Seluler dan Pengembangan Industri Perangkat Lunak dan Konten Multimedia.

Untuk pengembangan industri permesinan dan alat mesin pertanian, Kemenperin fokus pada industri pembangkit energi; industri alat berat; industri barang modal, komponen, bahan penolong dan jasa industri; dan industri alat kesehatan.

Sementara sisanya, fokus pada pengembangan industri kendaraan bermotor, industri kedirgantaraan, industri perkapalan dan industri kereta api.

Putu menambahkan, sektor ILMATE tumbuh 3,87 persen tahun lalu, di mana industri logam tumbuh 1,94 persen, industri mesin tumbuh 2,85 persen, industri alat transportasi tumbuh 4,52 dan industri elektronika tumbuh 8,49 persen.

"Pertumbuhan ILMATE tersebut memberikan kontribusi sebesar 4,93 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2016," pungkasnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoin akan memberikan bantuan donasi terkait dengan Wabah Virus Corona Covid-19 yang pada saat ini penularannya terus meningkat, demikian pula dengan tingkat kematian yang terus meningkat.

Senin, 06 April 2020 - 18:34 WIB

Perangi Virus Corona, Tokoin Bantu 1000 Alat Rapid Test Terbaik untuk Para Dokter yang Tangani Covid-19

Jakarta- Virus Corona-COVID-19 masih menjadi momok menakutkan di seluruh dunia. Hal itu disebabkan penyebaran COVID-19 yang sangat cepat.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 April 2020 - 18:15 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Pelaku IKM Siap Produksi Masker dan APD

Sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri siap memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya percepatan penangangan COVID-19.…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Senin, 06 April 2020 - 18:00 WIB

Bamsoet Minta Bela Negara dengan Menjaga Kesehatan dan Physichal Distancing

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali memfasilitasi pemeriksaan rapid test bagi kalangan masyarakat untuk mendeteksi dini virus Covid-19. Setelah sebelumnya kepada pegawai dan staf…

Ilustrasi PNS

Senin, 06 April 2020 - 17:05 WIB

Gegara Corona, THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Batal Cair

Pemerintah hingga saat ini masih mempertimbangkan pencairan THR maupun gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) di tengah pandemi virus corona.

Sumbangan insan Brilian hadapi Corona

Senin, 06 April 2020 - 16:54 WIB

Kumpulkan Rp 1,5 Miliar, Insan BRILian Turun Tangan Perangi Covid-19

Bank BRI terus mengimbau seluruh kalangan, baik nasabah maupun pekerja BRI yang tergabung dalam insan BRILian, untuk terus menekan penyebaran pandemi Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah.…