Sektor ILMATE Diharapkan Tumbuh Empat Persen Hingga Akhir 2017

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 27 Mei 2017 - 15:50 WIB

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian menargetkan sektor Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) tumbuh sekitar 4 persen hingga akhir 2017.

"Kami targetkan 4 koma sekian dengan fokus mengembangkan industri logam dasar," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Jumat (26/4/2017)

Putu menyampaikan, industri prioritas berbasis mineral meliputi empat jenis logam yaitu besi baja, aluminium, tembaga dan nikel.

"Ada beberapa alasan sehingga empat jenis logam tersebut dijadikan sebagai prioritas, salah satunya adalah hilirisasi bahan baku empat jenis mineral bijih besi, bauksit, tembaga dan nikel mempunyai dampak yang signifikan bagi perekonomian melalui investasi dan peningkatan nilai tambah," paparnya.

Selain itu, Kemenperin juga fokus melakukan pengembangan industri elektronika dan telematika diarahkan pada penumbuhan dan pengembangan industri komponen elektronika dan telematika, pengembangan industri telekomunikasi atau telepon Seluler dan Pengembangan Industri Perangkat Lunak dan Konten Multimedia.

Untuk pengembangan industri permesinan dan alat mesin pertanian, Kemenperin fokus pada industri pembangkit energi; industri alat berat; industri barang modal, komponen, bahan penolong dan jasa industri; dan industri alat kesehatan.

Sementara sisanya, fokus pada pengembangan industri kendaraan bermotor, industri kedirgantaraan, industri perkapalan dan industri kereta api.

Putu menambahkan, sektor ILMATE tumbuh 3,87 persen tahun lalu, di mana industri logam tumbuh 1,94 persen, industri mesin tumbuh 2,85 persen, industri alat transportasi tumbuh 4,52 dan industri elektronika tumbuh 8,49 persen.

"Pertumbuhan ILMATE tersebut memberikan kontribusi sebesar 4,93 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2016," pungkasnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…