Negara Maju Kontribusi Industrinya Harus 32 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 24 Mei 2017 - 07:25 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, produksi industri baja nasional perlu dipacu agar kontribusinya terhadap perekonomian nasional terus meningkat.

"Indonesia pernah mengalami kontribusi dari industri hingga 27 persen pada tahun 1998, dan Indonesia juga sudah melihat industri sebagai alternatif pembangunan sejak tahun 1960-an," ungkap Fajar harry Sampurno dalam acara 'Steel Conference 10 Juta Ton Klaster Cilegon' di kantor Kemenperin, Jakarta (23/5/2017).

Menurut Fajar, saat ini sektor industri berkontribusi sebesar 18,8 persen terhadap perekonomian nasional, ditambah sektor batubara dan migas yang sebesar 2,2 persen. "Negara maju harus mempunyai kontribusi industri sebesar 32 persen," ucapnya.

Saat ini, industri baja merupakan tulang punggung dari segala kegiatan perekonomian, mulai dari otomotif, maritim, elektronika, telekomunikasi dan Infrastruktur. dan investasi juga menjadi begian terpenting dalam pertumbuhan industri baja nasioanl.

"dalam ketersediaan infrastruktur, Indonesia menempati posisi 62 di dunia, jauh dari negara-negara tetangga kita," imnuhnya.

Fajar menambahkan, Indonesia masih memerlukan impor sebesar 6-7 juta ton per tahun, sedangkan produksi dalam negeri baru mencapai 4-5 juta ton per tahun. Industri baja nasional saat ini mengalami Oversupply dari negara-negara impor, sehingga ini menjadi hambatan bagi pertumbuhan industri baja nasional.

"Tingginya biaya produksi yang disebabkan oleh masalah gas dan energi juga turut membuat industri baja kita jadi kurang bersaing," terangnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah siapkan insentif berupa tax holiday dan tax allowance agar menarik minat pengusaha baik dalam maupun luar negeri untuk dapat menanamkan modalnya di Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan industri baja nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar juga memberikan apresiasi kepada PT Krakatau Steel dan PT Posco yang telah bekerjasama demi menumbuhkan industri baja nasional. Diharapkan kerjasama ini dapat menjadi momentum bagi para pelaku industri baja hulu-hilit untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan industri baja nasional yang maju dan berdaya saing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lahan persawahan yang siap panen

Minggu, 29 Maret 2020 - 20:57 WIB

Kabupaten Bogor Panen Raya Padi di Tengah Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu peningkatan produksi beras di Kabupaten Bogor. Di antaranya melalui terobosan dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas…

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:45 WIB

Kogasgabpad Benarkan Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Dua pasien Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meninggal dunia pada Minggu, berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Wisma Atlet, Jakarta. .

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:51 WIB

Sembuh dari Corona, Wawako Bandung Yana Mulyana: Alhamdulillah Terimakasih Dokter dan Tenaga Medis

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yana Mulyana kepada KompasTV yang ditayangkan secara langsung pada Minggu…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Pada Sektor Tanaman Pangan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Ditengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan…

Dukung Industri Fiber Infrastruktur FiberStar Meresmikan Kantor Regional di Palembang

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

Industri Telekomunikasi Bergerak, FiberStar Gelar Jaringan di Palembang

Dalam rangka komitmen dan upaya peningkatan kualitas layanan terhadap pelanggan khususnya di wilayah Sumatera bagian Selatan, FiberStar meresmikan Kantor Regional Sumatera Selatan baru yang…