Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)
Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

INDUSTRY.co.id - Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Menurut laporan, komite yang bertemu di China justru meminta Italia untuk mengajukan pembaruan tentang upaya untuk melindungi Venesia dari penurunan populasi dan pariwisata yang berlebihan.

Dilansir dari laman Times of India, Sabtu (24/7/2021), ini merupakan langkah untuk menyelamatkan lagunanya agar tidak masuk dalam daftar bahaya, dan pemerintah Italia berjanji untuk mengalihkan rute kapal pesiar besar dari pusat bersejarah kota itu ke pelabuhan industri yang masih berada di dalam laguna Venesia. Pelarangan tersebut akan berlaku mulai 1 Agustus 2021. 

Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini menyambut baik keputusan UNESCO, ia mengatakan ini merupakan langkah pemerintah untuk melarang kapal dari laguna Venesia menghadap Istana Doges dan Basilika Santo Markus.

Laporan mengatakan bahwa perjalanan kapal melalui Kanal Giudecca dan Cekungan St. Mark, yang baru-baru ini dibuka setelah jeda pandemi yang panjang, adalah salah satu alasan bahwa UNESCO dikutip karena mencantumkan status Venesia sebagai risiko.

"Saat ini perhatian global pada Venesia harus tetap tinggi, dan itu adalah tugas semua orang untuk bekerja untuk melindungi laguna dan mengidentifikasi jalur pembangunan berkelanjutan untuk realitas unik ini," tuturnya.

Namun, berbagai kelompok non-pemerintah mengatakan larangan kapal pesiar hanya membahas satu dari banyak masalah yang mengancam Venesia, yang meliputi pengendalian pembangunan perkotaan, pariwisata berlebihan, dan pengelolaan sumber daya budaya dan alam.

Kelompok-kelompok itu juga mengungkapkan bahwa belum ada rencana jangka panjang dalam hal mengelola kapal-kapal, dan keputusan sementara untuk mengalihkan kapal pesiar di pelabuhan industri Marghera masih membahayakan laguna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KemenkopUKM jalin kerja sama dengan Kementerian UKM dan Startup Korea

Rabu, 22 September 2021 - 15:30 WIB

Dorong Startup Naik Kelas, KemenkopUKM Gandeng Kementerian UKM dan Startup Korea

Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia bersama dengan Ministry of SMEs and Start-up Korea dan ASEM SMEs Eco-Innovation Center (ASEIC) bekerjasama dalam Ecothon Indonesia 2021.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Rabu, 22 September 2021 - 15:05 WIB

Ancaman Kejahatan Siber dan Perlindungan Korbannya di UU ITE

Kejahatan siber yang menargetkan komputer, internet, jaringan, dan teknologi merupakan segala kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan sarana, sistem dan jaringan komputer seperti perdagangan…

Tanaman jagung

Rabu, 22 September 2021 - 15:01 WIB

Stok Jagung Ada, Segera Perbaiki Tata Kelola Perdagangan dan Jalur Distribusi

Direktur Rumah Ekonomi Rakyat Taufik Amrullah mendukung penuh upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional termasuk yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam menjaga produksi…

PT Uni-Charm Indonesia raih Sertifikat PEFC-CoC

Rabu, 22 September 2021 - 15:00 WIB

Uni-Charm Indonesia Raih Sertifikat PEFC-CoC

PT Uni-Charm Indonesia Tbk berhasil mendapatkan sertifikasi Chain of Custody (CoC) - Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) untuk produk ekspor popok bayi di 2 pabrik pada…

PT Pupuk Kaltim

Rabu, 22 September 2021 - 15:00 WIB

15 Tim Inovasi Pupuk Kaltim Raih Predikat Terbaik APQO 2021

Pupuk Kaltim merupakan salah satu dari 12 perusahaan perwakilan Indonesia, yang berkompetisi dengan 57 tim dari berbagai negara di Asia Pasifik. Setiap tim mempresentasikan berbagai terobosan…