Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)
Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

INDUSTRY.co.id - Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Menurut laporan, komite yang bertemu di China justru meminta Italia untuk mengajukan pembaruan tentang upaya untuk melindungi Venesia dari penurunan populasi dan pariwisata yang berlebihan.

Dilansir dari laman Times of India, Sabtu (24/7/2021), ini merupakan langkah untuk menyelamatkan lagunanya agar tidak masuk dalam daftar bahaya, dan pemerintah Italia berjanji untuk mengalihkan rute kapal pesiar besar dari pusat bersejarah kota itu ke pelabuhan industri yang masih berada di dalam laguna Venesia. Pelarangan tersebut akan berlaku mulai 1 Agustus 2021. 

Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini menyambut baik keputusan UNESCO, ia mengatakan ini merupakan langkah pemerintah untuk melarang kapal dari laguna Venesia menghadap Istana Doges dan Basilika Santo Markus.

Laporan mengatakan bahwa perjalanan kapal melalui Kanal Giudecca dan Cekungan St. Mark, yang baru-baru ini dibuka setelah jeda pandemi yang panjang, adalah salah satu alasan bahwa UNESCO dikutip karena mencantumkan status Venesia sebagai risiko.

"Saat ini perhatian global pada Venesia harus tetap tinggi, dan itu adalah tugas semua orang untuk bekerja untuk melindungi laguna dan mengidentifikasi jalur pembangunan berkelanjutan untuk realitas unik ini," tuturnya.

Namun, berbagai kelompok non-pemerintah mengatakan larangan kapal pesiar hanya membahas satu dari banyak masalah yang mengancam Venesia, yang meliputi pengendalian pembangunan perkotaan, pariwisata berlebihan, dan pengelolaan sumber daya budaya dan alam.

Kelompok-kelompok itu juga mengungkapkan bahwa belum ada rencana jangka panjang dalam hal mengelola kapal-kapal, dan keputusan sementara untuk mengalihkan kapal pesiar di pelabuhan industri Marghera masih membahayakan laguna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…