Cegah Stunting, Pandeglang Kembangkan Padi Kaya Gizi Nutrizinc Produk Kementan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 22 Juli 2021 - 10:40 WIB

Petani memanen padi di sawah
Petani memanen padi di sawah

INDUSTRY.co.id-Pandeglang,- Mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengatasi stunting (kerdil) akibat kekurangan gizi, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Banten telah mengembangkan Padi Kaya Gizi Nutrizinc (biofortifikasi). Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menghasilkan beras yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah kabupaten Pandeglang.

Program pertanaman padiNutri zinc bantuan Kementerian Pertanian ini d tanam di awal tahun 2021 seluas 500 Ha tersebar di beberapa kecamatan. Bulan Juli 2021 ini beberapa wilayah pertanaman sudah mulai panen dan hasilnya cukup memuaskan.

“Minggu lalu bahkan kami melakukan panen bersama Kelompok Bantar Jaya 2 dan hasilnya cukup bagus sekitar 8 ton/Ha,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S. Januardi saat diwawancara hari Rabu (21/7). Budi menjelaskan program padi biofortifikasi sangat dibutuhkan oleh daerah seperti Pandeglang, selain pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat diperoleh juga pangan yang kaya akan gizi.

Secara terpisah, Kadis Pertanian Banten Agus M. Tauchid S menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap program penanaman padi biofortifikasi. Untuk tahun 2021 Provinsi Banten melalui dukungan APBN (Kementerian Pertanian) melaksanakan kegiatan Pengembangan Padi Nutrizinc seluas 1.000 Ha yang tersebar di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang 500 ha dan Kabupaten Serang 500 ha.

“Semoga dengan makin banyaknya pertanaman padi nutrizinc di Banten, masyarakat mendapatkan sumber pangan yang semakin baik dan kayak akan gizi dan program pencegahan stunting dapat berjalan dengan baik” tegas Agus.

Sementara itu Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan padi Biofortifikasi adalah upaya intervensi memasukkan unsur nutrisi zinc pada padi melalui pemuliaan tanaman. “Diharapkan Inpari IR Nutri Zinc dapat berperan mengatasi kekurangan gizi Zn yang banyak terjadi di Indonesia. Inpari IR Nutri Zinc sebagai produk biofortifikasi menjadi salah satu komponen dalam program prioritas nasional untuk mengatasi stunting,” ujarnya.

Suwandi menekankan pengembangan padi biofortifikasi membutuhkan komitmen dan kerja sama semua pihak, termasuk produsen benih, perguruan tinggi dan penggilingan padi dan instansi pemerintah di berbagai sektor baik di pusat maupun daerah untuk mempercepat penyebaran dan pemanfaatan padi kaya Zn ini dalam mengatasi stunting.

“Diperlukan kerjasama dan komitmen semua pihak termasuk produsen benih, perguruan tinggi dan penggilingan padi dan instansi pemerintah di berbagai sektor baik di pusat maupun daerah dan instansi terkait termasuk Pemdanya sendiri,” tandas Suwandi.

“Saya mengapresiasi daerah-daerah yang mau bersama-sama menyukseskan program padi ini seperti Provinsi Banten”. Suwandi berharap penyebaran padi varietas ini dapat cepat menyebar ke seluruh Indonesia sehingga masyarakat dapat menikmati pangan berkualitas baik dan bernilai gizi tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:49 WIB

Dialog Environment Deputies Meeting G20: PKT Berhasil Tekan Emisi Lebih Dari 435 ribu Ton di Tahun 2022

Efisiensi sumber daya dan ekonomi sirkuler menjadi salah satu dari tujuh isu strategis yang dibahas dalam Environment Deputies Meeting (EDM) Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022. Saat ini,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:45 WIB

Menperin Agus Apresiasi Produksi Perdana Futur Phone Wujudkan Substitusi Impor Ponsel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus menjalankan program substitusi impor 35% tahun 2022. Salah satu sektor yang dipacu adalah industri elektronika, termasuk pada upaya…

PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:42 WIB

Meriahkan TIFF 2022, PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Tingkatkan nilai produk di masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meriahkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 di Kota Tomohon Sulawesi Utara, yang berlangsung pada 8-14…

PLBN Terpadu Yetetkun

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:32 WIB

PLBN Terpadu Yetetkun Siap Diresmikan dan Menjadi Sentra Ekonomi Masyarakat Boven Digoel

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mengurangi disparitas dan memeratakan pembangunan infrastruktur khususnya di kawasan perbatasan. Salah satunya melalui pembangunan…

Pertalite Ilustrasi (INDUSTRY.co.id dok)

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:30 WIB

Pertamina Diminta Transparan Jelaskan Ketidaksesuaian Stok dan Fakta Pertalite di Lapangan

Jakarta-Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi meminta Pertamina secara transparan menjelaskan ketidaksesuaian antara stok dan fakta mengenai ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite…