Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Oleh : Kormen Barus | Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja
Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Era digital saat ini membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan digitalisasi sudah menyentuh pasar tenaga kerja. Ya, kini mencari kerja tidak harus lagi seperti dulu, membolak-balik koran hingga mengirimkan lamaran berlembar lembar melalui kantor pos.

Kini, mencari kerja hanya tinggal membuka aplikasi atau website job portal atau penyedia lowongan pekerjaan. Hanya dengan sebuah klik maka ribuan lowongan pekerjaan terbentang di layar komputer atau smartphone. Kita tinggal memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, keahlian serta pengalaman kerja yang dimiliki.

Dengan job portal, pencari kerja juga dapat memilih lokasi kerja, melakukan penyesuaian kebutuhan perusahaan dengan kualifikasi diri sendiri, dan jenis job description sampai rentang gaji yang akan mereka dapatkan. Terbaru, bahkan job portal yang advance juga menyediakan fitur tes online, sehingga perusahaan maupun pencari kerja dapat melakukan psikotest, interview ataupun tes lainnya yang dibutuhkan perusahaan, semua secara daring dan hasil tes akan muncul dengan segera. Pencari kerja juga dapat menggunakan fitur pelacakan proses lamaran, apakah diterima atau ditolak dan sebagainya. Semuanya dengan cepat, mudah dan efisien.

Lantas apa saja Job Portal yang kerap diandalkan penyedia dan pencari kerja lantaran memiliki ketersedian lowongan yang berlimpah dan kemudahan serta keragaman fiturnya. Berikut ini lima job portal unggulan yang kami sarikan untuk Anda.

1. Jobstreet. Job portal asal Malaysia ini telah berdiri sejak 1997. Sejumlah fitur yang dimilikinya antara lain Career Enhancers (English Assessment & Career Resource) yang menyediakaan tes bahasa Inggris sehingga para pencari kerja dapat mengukur kemampuan bahasa Inggrisnya dan LiNa Job Alert sehingga pencari kerja akan mendapatkan update lowongan terbaru via email.

2. Glints : Job portal asal Singapura ini berdiri sejak 2013 dimana fitur yang ditawarkan di antaranya Expertclass yang berisi training, workshop ataupun webinar yang gratis dan berbayar. Para pencari kerja dapat menambah pengetahuannya dengan mengikuti expertclass yang diisi oleh pakarnya. Lantas tersedia juga fitur Community dimana para pencari kerja dapat membuka forum diskusi dan bisa berinteraksi satu sama lain dengan bahasan topik topik tertentu.

3. Kormo. Job portal asal Bangladesh ini didirikan pada 2017 oleh Google. Sejumlah fitur yang ditawarkan di antaranya synchronize google account secara otomatis, tersedia banyak pilihan bahasa, filter job interest & work placement serta training yang dapat disesuaikan dengan pilihan pekerjaan pencari kerja.

4. Jobs.id. Perusahaan job portal ini berdiri sejak 2008 di Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam menyediakan lowongan pekerjaan. Fitur-fitur yang ditawarkan diantaranya Jobs by Location sehingga para pencari kerja dapat memfilter lowongan terdekat dari lokasinya.

5. Gawe.id. Teranyar, job portal asal Indonesia Gawe.id meluncur sejak 3 tahun silam, tepatnya di tahun 2018. Tak tanggung-tanggung, job portal karya anak bangsa ini memiliki fitur gratis yang berlimpah, baik untuk penyedia lowongan kerja maupun untuk pencari kerja. Di antaranya Top Lowongan dari perusahaan ternama, tes online seperti psikotest, interview dan sebagainya yang bisa diakses dimanapun dan secara instan segera keluar hasilnya. Tersedia juga fitur E-learning berupa training online yang dapat mengasah kemampuan dan pengetahuanmu dengan pretest dan postest dan ditampilkan dengan video materi yang menarik. Tersedia juga tips & trick berupa artikel dan video yang menarik. Selain itu juga ada webinar gratis yang diadakan tiap bulannya dengan narasumber yang expert di bidangnya.

Nah itu dia 5 job portal unggulan yang akan memudahkanmu dalan mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi dan passionmu. Selamat berburu pekerjaan yang cocok, ya!

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…