Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Oleh : Kormen Barus | Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja
Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Era digital saat ini membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan digitalisasi sudah menyentuh pasar tenaga kerja. Ya, kini mencari kerja tidak harus lagi seperti dulu, membolak-balik koran hingga mengirimkan lamaran berlembar lembar melalui kantor pos.

Kini, mencari kerja hanya tinggal membuka aplikasi atau website job portal atau penyedia lowongan pekerjaan. Hanya dengan sebuah klik maka ribuan lowongan pekerjaan terbentang di layar komputer atau smartphone. Kita tinggal memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, keahlian serta pengalaman kerja yang dimiliki.

Dengan job portal, pencari kerja juga dapat memilih lokasi kerja, melakukan penyesuaian kebutuhan perusahaan dengan kualifikasi diri sendiri, dan jenis job description sampai rentang gaji yang akan mereka dapatkan. Terbaru, bahkan job portal yang advance juga menyediakan fitur tes online, sehingga perusahaan maupun pencari kerja dapat melakukan psikotest, interview ataupun tes lainnya yang dibutuhkan perusahaan, semua secara daring dan hasil tes akan muncul dengan segera. Pencari kerja juga dapat menggunakan fitur pelacakan proses lamaran, apakah diterima atau ditolak dan sebagainya. Semuanya dengan cepat, mudah dan efisien.

Lantas apa saja Job Portal yang kerap diandalkan penyedia dan pencari kerja lantaran memiliki ketersedian lowongan yang berlimpah dan kemudahan serta keragaman fiturnya. Berikut ini lima job portal unggulan yang kami sarikan untuk Anda.

1. Jobstreet. Job portal asal Malaysia ini telah berdiri sejak 1997. Sejumlah fitur yang dimilikinya antara lain Career Enhancers (English Assessment & Career Resource) yang menyediakaan tes bahasa Inggris sehingga para pencari kerja dapat mengukur kemampuan bahasa Inggrisnya dan LiNa Job Alert sehingga pencari kerja akan mendapatkan update lowongan terbaru via email.

2. Glints : Job portal asal Singapura ini berdiri sejak 2013 dimana fitur yang ditawarkan di antaranya Expertclass yang berisi training, workshop ataupun webinar yang gratis dan berbayar. Para pencari kerja dapat menambah pengetahuannya dengan mengikuti expertclass yang diisi oleh pakarnya. Lantas tersedia juga fitur Community dimana para pencari kerja dapat membuka forum diskusi dan bisa berinteraksi satu sama lain dengan bahasan topik topik tertentu.

3. Kormo. Job portal asal Bangladesh ini didirikan pada 2017 oleh Google. Sejumlah fitur yang ditawarkan di antaranya synchronize google account secara otomatis, tersedia banyak pilihan bahasa, filter job interest & work placement serta training yang dapat disesuaikan dengan pilihan pekerjaan pencari kerja.

4. Jobs.id. Perusahaan job portal ini berdiri sejak 2008 di Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam menyediakan lowongan pekerjaan. Fitur-fitur yang ditawarkan diantaranya Jobs by Location sehingga para pencari kerja dapat memfilter lowongan terdekat dari lokasinya.

5. Gawe.id. Teranyar, job portal asal Indonesia Gawe.id meluncur sejak 3 tahun silam, tepatnya di tahun 2018. Tak tanggung-tanggung, job portal karya anak bangsa ini memiliki fitur gratis yang berlimpah, baik untuk penyedia lowongan kerja maupun untuk pencari kerja. Di antaranya Top Lowongan dari perusahaan ternama, tes online seperti psikotest, interview dan sebagainya yang bisa diakses dimanapun dan secara instan segera keluar hasilnya. Tersedia juga fitur E-learning berupa training online yang dapat mengasah kemampuan dan pengetahuanmu dengan pretest dan postest dan ditampilkan dengan video materi yang menarik. Tersedia juga tips & trick berupa artikel dan video yang menarik. Selain itu juga ada webinar gratis yang diadakan tiap bulannya dengan narasumber yang expert di bidangnya.

Nah itu dia 5 job portal unggulan yang akan memudahkanmu dalan mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi dan passionmu. Selamat berburu pekerjaan yang cocok, ya!

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:30 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Gubernur Anies Berhasil Lampaui Target 7,5 Juta Vaksinasi, Lebih Cepat Sebulan dari Tenggat Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih, bahkan melebihi, target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberhasilan pencapaian target vaksinasi tersebut…

Ilustrasi Perfilman (Ist)

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:15 WIB

Film Jadi Medium Komunikasi Budaya yang Efektif

Banyak sekali budaya yang berubah atau tiba-tiba muncul, termasuk cara baru untuk berinteraksi yang salah satunya dilakukan lewat film. Di satu sisi juga, banyak karya broadcast yang mengubah…