Kementerian PUPR Genjot Penyelesaian Seksi 2-3 Jalan Tol Kayu Agung-Palembang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 Juni 2021 - 09:53 WIB

 Jalan Tol Kayu Agung-Palembang
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Di Provinsi Sumatera Selatan, saat ini tengah diselesaikan Tol Trans Sumatera Kayu Agung - Palembang - Betung/ Kapalbetung seksi 2-3 tahap II segmen Palembang (Keramasan) - Betung (69,19 km), dimana sebelumnya seksi 1-2 tahap I segmen Kayu Agung - Palembang (Keramasan) 42,5 km sudah diresmikan pada Januari 2021 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, Pariwisata, Bandara, dan Pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR Achmad Gani Ghazaly Akman selaku Koordinator Pelaksana Tim Pemantauan dan Evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Kementerian PUPR mengatakan, saat ini progres pembebasan lahan seksi 2 Tol Kapal Betung ruas Keramasan-Musi Landas (24,9 km) sudah sebesar 89,98%. Sedangkan untuk seksi 3 ruas Musi Landas-Betung (44,29 km) pembebasan lahannya sebesar 53,45%.

"Untuk progres fisiknya pada seksi 2 sebesar 34,95% dan seksi 3 sebesar 6,3%. Ditargetkan untuk total kedua ruas sepanjang 69,19 km tersebut akan rampung pada Desember 2023," kata Gani yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (17/6/2021).

Gani menyampaikan kepada Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR agar penanganan fisik di lapangan diprioritaskan pada Seksi 2 (Gate to Gate) sehingga dapat dioperasikan secara bertahap. "Untuk pengadaan tanah yang sudah bebas tetap dilanjutkan dan menjadi tanggung jawab PT. Waskita Sriwijaya Tol sampai dapat diterima oleh Direktur Jenderal Bina Marga," ujarnya.

Tol Kapalbetung merupakan bagian dari koridor utama (back bone) Tol Trans Sumatera yang pembangunannya dilaksanakan oleh BUJT PT. Waskita Sriwijaya Tol dengan total investasi sebesar Rp. 22,16 triliun.

Pembangunan Tol Kapalbetung merupakan upaya untuk memenuhi target capaian pembangunan jalan tol secara nasional pada 2020-2024 sepanjang 2.724 Km. Selain itu juga untuk melengkapi struktur jaringan Koridor Utara Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.069 km yang akan menghubungkan Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

Selain koridor utama Trans Sumatera, Pemerintah juga membangun Sirip Tol Trans Sumatera, salah satunya yakni ruas Simpang Indralaya-Muara Enim (119 Km) yang pencanangan pembangunannya dimulai pada 2018 lalu.

Gani mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan lapangan, dilaporkan saat ini progres pembebasan lahan seksi 1 ruas Simpang Indraya-Prabumulih (65 km) sebesar 80,32% dan seksi 2 ruas Prabumulih-Muara Enim (54 km) sebesar 19,01%.

"Untuk progres fisik pembangunan seksi 1 saat ini sebesar 37,30% dan seksi 2 sebesar 8,74%. Untuk seksi 1 ditargetkan rampung Mei 2022 dan seksi 2 pada Desember 2023," ujar Gani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Menperin Agus Ajak Industri Semen Berpartisipasi Kelola Limbah Medis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah dalam proses menggerakkan industri semen untuk berpartisipasi dalam mengelola limbah medis di dalam negeri yang volumenya semakin meningkat.

dr soap luncurkan kampanye penyelamatan bumi

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:04 WIB

Ajak Masyarakat Cintai Bumi, dr soap Adakan Program Return & Earn untuk Daur Ulang Sampah

Upaya untuk menyelamatkan bumi terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan formula yang ramah lingkungan. Selain tentu saja secara aktif ikut dalam upaya…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Menperin Agus Sebut Insentif Fiskal untuk Industri Hijau Tengah Digodok Antar Kementerian/Lembaga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memacu penerapan industri hijau di Tanah Air, salah satunya upayanya melalui pemberian insentif fiskal. Menteri Perindustrian (Menperin)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:52 WIB

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Menghadirkan Lebih dari 120 Perusahaan Penyedia Teknologi dan Solusi Bagi Industri 4.0

Jakarta-Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…