Cara Tepat Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi dan Berlendir

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 14 Mei 2021 - 08:15 WIB

Ketupat (Foto: CNN)
Ketupat (Foto: CNN)

INDUSTRY.co.id - Merayakan Idul Fitri kurang lengkap kalau tidak menyantap ketupat. Umumnya setiap keluarga memasak ketupat dalam jumlah yang banyak, dan disantap dengan opor ayam, rendang, sayur pepaya ataupun gulai. 

Namun sayangnya, tak jarang ketupat masih tersisa banyak. Sehingga, ketupat menjadi lendir, basah dan juga basi jika tidak disimpan dengan benar. Alhasil, ketupat menjadi mubazir dan terbuang begitu saja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara menyimpan ketupat yang baik dan benar supaya bisa tahan lama dan tidak basi.

Menggantung ketupat

Memasak ketupat poin utamanya yakni ketika proses memasak ketupat. Supaya tahan lama, ketupat dimasak hingga benar-benar tanak dan matang. Lalu setelah matang, gantunglah ketupat. Karena, uap=uap yang di dalam panci berubah menjadi air, dan dapat mengendap ke dalam ketupat sehingga menjadi basah.

"Dengan digantung air akan cepat turun," tulis akun YouTube Alwi Isab.

Sebab, Jika ditaruh di dalam wajan saja air akan mengendap di dalam ketupat. Dengan menggantung kutupat di dalam suhu ruangan, makanan ini akan tahan sampai dua hingga tiga hari.

Simpan di dalam kulkas atau freezer

Sebelum disimpan di dalam kulkas ataupun di freezer, pastikan dulu ketupat tidak basah lalu disimpan di dalam plastik atau plastik kedap udara. Cara ini dipercaya banyak orang dapat ampuh membuat ketupat tahan lama. Sebab, suhu dingin kulkas dapat membuat ketupat tidak mudah basi.

Hangatkan secukupnya

Menurut akun YouTube Alwi Isab, sebelum dimakan lagi sebaiknya ketupat dihangatkan terlebih dulu dengan cara dikukus. Tapi, setelah dikukus jangan simpan lagi di dalam kulkas karena membuat ketupat tidak tahan lama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…

Direktur PT Buana Finance Tbk (BBLD), Herman Lesmana, ketika memberikan informasi mengenai kinerja perseroan dalam acara paparan publik secara virtual usai RUPST di Jakarta, Jumat (18/06/2021). (Foto: Bang Abe)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:42 WIB

32 Persen Laba Bersih 2020 Buana Finance Dibagikan sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Pemegang saham PT Buana Finance Tbk (BBLD) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (17/06/2021), menyetujui pembagian dividen tunai bernilai total Rp6,58 miliar…

Ilustrasi Melindungi Data Pribadi di Internet (ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:30 WIB

Berhati-hati Saat Menggunakan Sosmed, Perlunya Lindungi Data Diri dari Tindak Kejahatan di Internet

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2020 Jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak tinggi, lebih tinggi dari angka pertumbuhan penduduk. Selain itu…

Apartemen SQ Rés

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:10 WIB

Hadirkan Program Click & Stay, Intiland Tebar Banyak Promo Menggiurkan

PT Intiland Development Tbk. meluncurkan program promo spesial terbaru bertajuk ‘Click & Stay’ yang akan digelar selama dua bulan, mulai 21 Juni hingga akhir Agustus 2021.