BKSAP: Lewat Diplomasi Total, Rotan Cirebon Kembali Berjaya

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 27 April 2021 - 14:35 WIB

Ilustrasi Pengrajin Rotan (Foto : pixabay)
Ilustrasi Pengrajin Rotan (Foto : pixabay)

INDUSTRY co.idCirebon, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera menjelaskan prinsip diplomasi total menurutnya adalah dengan mengangkat local wisdom atau kebijakan lokal, local value (nilai local) dan local product pada masing-masing daerah di Indonesia.

“Diplomasi total menurut saya dengan mengangkat local wisdom atau kebijakan lokal, local value dan local product pada masing-masing daerah di Indonesia. Karena sebuah Diplomasi secara menyeluruh atau total, harus terlebih dahulu menguatkan nilai-nilai lokal dan nasional,” ungkap Mardani dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa, (27/4/2021).

Dengan kata lain, masih kata Mardani, diplomasi total sekarang ini merupakan sebuah langkah untuk mengangkat budaya lokal. Misalnya, dulu rotan sangat kuat di Cirebon, namun sekarang sedikit sekali.

Padahal rotan sesuai dengan prinsip kelestarian, sangat sustainable, bisa terus ada.  Selain itu, rotan juga bisa memberdayakan masyarakat lokal. Dan rotan ini cukup unik, konon hanya ada dan banyak tumbuh di Cirebon. Dengan kata lain, dulu kerajinan rotan Cirebon sangat luar biasa. Namun saat ini, tidak lagi. Tentu hal itu sangat memprihatinkan.

Oleh karenanya ia berharap dengan diplomasi parlemen masalah-masalah yang dianggap sulit dapat diselesaikan. Termasuk permasalahan yang menyangkut nilai dan kebijakan lokal tersebut dapat terurai dan sama-sama dapat dicarikan solusinya.

Sebagaimana yang dialami oleh sektor sawit Indonesia. Meski masih belum bisa masuk ke Uni Eropa, namun sawit Indonesia telah diperbolehkan di Swiss setelah berhasil memenangkan referendum. Bahkan Swiss juga menghapus bea masuk sawit Indonesia ke negaranya.

Hal itu menurut politisi Fraksi PKS tersebut tidak lepas dari peran diplomasi yang dijalankan oleh semua elemen bangsa. Baik pemerintah, parlemen maupun pihak lainnya.

Dengan demikian, ia berharap dengan adanya diplomasi total, maka nasib rotan di Cirebon pun dapat dikembalikan seperti sediakala, menjadi komoditas unggulan yang bisa meningkatkan perekonomian dan tingkat kesejahteraan masyarakat Cirebon.

Dalam sosialisasi yang dipimpin oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon itu juga dihadiri oleh Anggota BKSAP Linda Megawati dan Himmatul Aliyah, yang ikut mengamini harapan Mardani dan seluruh masyarakat Cirebon tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produk Daypack Leuser (Dok: Leuser Adventure Shop)

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:15 WIB

Berburu Perlengkapan Outdoor di Leuser Adventure Shop, Ada Diskon Menarik, Lho!

Pemerintah Indonesia telah memberikan pelonggaran terhadap wisatwan untuk berwisata ke berbagai daerah Indonesia sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Akan tetapi,…

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…