Mengenang R.A. Kartini: GENGGAMLAH PERSEPSI POSITIF

Oleh : Edi Danggur, Praktisi Hukum Dan Pemerhati Masalah Sosial | Kamis, 22 April 2021 - 09:41 WIB

EDi Danggur, SH, MH
EDi Danggur, SH, MH

INDUSTRY.co.id, Oleh Edi Danggur-Banyak pengalaman dalam hidup kita berinteraksi dengan wanita. Entah dia isteri kita, putri-putri kita, teman-teman kerja kita. Entah teman kuliah kita di masa lalu.

Kita sering mendengar keluhan mereka: kurang langsing, kegemukan, wajah yang kurang bersih, kulit yang kurang berminyak alias kering.

Padahal, belum tentu semua keluhan wanita-wanita itu adalah realitas. Bisa jadi, keluhan-keluhan itu hanya persepsi negatif tentang diri mereka. Tetapi persepsi negatif itu justru sangat membelenggu mereka.

Apa sebenarnya yang terjadi? Seorang hakim Romawi, Publius Ovidius Naso memberi nasehat yang bagus: "pessima sit, nulli non sua forma placet".

Artinya, hanya perempuan yang merasa cantik saja yang selalu merasa gelisah dengan wajahnya atau dirinya.

Mengapa demikian? Sebab andaikata seorang perempuan itu tidak cantik, maka ia tidak terlalu peduli dengan wajahnya.

Ia tidak akan dipusingkan apakah dirinya langsing; apakah kulitnya halus; apakah ia smart atau tidak. Katanya, ya sudahlah toh tidak akan banyak mengubah keadaan. Tetap tidak cantik.

Persepsi-persepsi demikian sungguh negatif , pikiran yang sangat fatalistis. Genggamlah persepsi positif tentang diri Anda. Itu yang bakal sukses dan bahagia dalam hidup.

Chin Ning Chu, seorang motivator dan mantan suster-biarawati dalam bukunya berjudul "Thick Face, Black Heart" mengatakan: Tidak ada realitas yang salah dalam diri Anda. Anda cantik, cerdas, langsing, dan smart.

Yang salah itu adalah persepsi Anda sendiri tentang diri Anda. Anda gelisah seolah-olah anda tidak cantik, tidak langsing, tidak smart.

Tidak percaya? Setelah selesai mandi pagi, di depan cermin, tiap pagi, anda cuma mengucapkan mantra ini 10 kali: aku cantik, kulitku halus, badanku langsing, aku smart. Maka semuanya akan menjadi kenyataan pada diri anda.

Selamat Hari Emansipasi!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…