Yuk Intip! Ini Dia Tiga Jenama Lokal Berbasis Wastra Nusantara yang Mendunia

Oleh : Ridwan | Minggu, 18 April 2021 - 10:02 WIB

Kain wastra nusantara
Kain wastra nusantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kain khas atau wastra nusantara memang begitu beragam dan menarik. Berbekal pola dan warna yang variatif, wastra nusantara bisa jadi pilihan bahkan andalan dalam berbagai suasana. 

Aneka busana dengan nuansa etnik menjadi hal yang membanggakan dari Indonesia di dalam ranah fesyen. 

Berkat tindakan kreatif para pengrajin Indonesia serta kelihaian para desainer dalam merancang busana, pakaian etnik khas nusantara kini mendapat perhatian besar dari dunia luar.

Hal tersebut tercermin dari maraknya jenama fesyen lokal, yang memanfaatkan wastra Indonesia dalam rancangan busana yang lebih kontemporer. Di tangan para perancang busana tanah air, wastra Indonesia berhasil disulap menjadi busana yang dapat dikenakan dalam segala suasana dan kalangan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong agar anak muda untuk berkreasi, beradaptasi dengan teknologi, serta menghasilkan karya kreatif.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk membeli produk-produk kreatif lokal. Dengan demikian pelaku ekraf kita juga mendapatkan manfaat positif," ujar Menparekraf Sandiaga Uno, pertengahan Maret 2021.

Melihat jenama lokal yang menggunakan wastra nusantara sebagai bahan utamanya, jelas membuat kita semakin #BanggaBuatanIndonesia. 

Mau tahu jenama apa saja yang menggunakan wastra lokal sebagai ‘amunisi’ utamanya? Berikut beberapa di antaranya:

Copa de Flores

Semangat jenama lokal ini adalah memperkenalkan tenun khas Nusa Tenggara Timur ke dunia internasional. Untuk itu perpaduan eksotisme wastra khas NTT dan desain yang modern, menjadi andalan Copa de Flores.

Danjyo Hiyoji

Koleksi batik yang diusungnya menyuguhkan konsep kesederhanaan dengan desain dan perpaduan warna yang unik dan berkarakter. Menariknya lagi, koleksinya dapat digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan (unisex).

Rengganis

Jenama ini mengedepankan konsep kontemporer dalam mengemas produknya. Beragam jenis wastra nusantara yang sarat dengan nuansa etnik dipadu dengan desain yang casual hingga formal, hal inilah yang menjadikan Rengganis nampak unik dan menarik.

Meski sangat disarankan untuk belanja beragam jenama lokal dengan mengandalkan teknologi, namun sebelum menerima paket belanja selama pandemi Covid-19 jangan abaikan protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.